Home » » Pintar Pelajaran Tulang Rawan Pada Insan Cukup Umur Dan Anak

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Tulang Rawan Pada Insan Cukup Umur Dan Anak

Tulang Rawan pada Manusia - Tulang rawan terdiri atas sel-sel tulang rawan yang disebut kondroblas. Sel-sel ini mengeluarkan matriks yang disebut kondrin. Lama-kelamaan kondroblas akan terkurung oleh matriksnya sendiri dalam ruangan yang disebut lakuna. Di dalam lakuna terdapat kondroblas yang bersifat tidak aktif disebut kondrosit (sel tulang rawan). Struktur tulang rawan pada bawah umur berbeda dengan tulang rawan pada orang dewasa. Pada Gambar 1. terlihat bahwa tulang rawan pada bawah umur berasal dari mesenkim dan lebih banyak mengandung sel-sel tulang rawan. Sementara itu, tulang rawan orang remaja lebih banyak mengandung matriks dan berasal dari perikondrium (selaput tulang rawan) yang mengandung kondroblas. Lihat Gambar 2. Tulang rawan pada orang remaja hanya terdapat pada bagian-bagian tertentu. (Baca juga : Rangka Manusia)

oleh matriksnya sendiri dalam ruangan yang disebut lakuna Pintar Pelajaran Tulang Rawan pada Manusia Dewasa dan Anak
Gambar 1. Tulang rawan anak
oleh matriksnya sendiri dalam ruangan yang disebut lakuna Pintar Pelajaran Tulang Rawan pada Manusia Dewasa dan Anak
Gambar 2. Tulang rawan orang dewasa
Matriks pada tulang rawan umumnya berupa hialin yang homogen dan jernih. Matriks yang berserabut lebih banyak mengandung zat kolagen (zat perekat tulang). 

Anda kini sudah mengetahui Tulang Rawan pada Manusia Dewasa dan Anak. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!