Home » » Pintar Pelajaran Sifat Gerak Otot Manusia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Sifat Gerak Otot Manusia

Sifat Gerak Otot pada Manusia - Sebuah otot bisa menarik atau berkontraksi dengan kuat, namun tidak sanggup memanjang dan mendorong dengan kuat. Karena itu, otot bekerja secara berpasangan, ialah pasangan berlawanan atau gerak antagonis. Satu otot menarik tulang menjauh, sementara pasangan otot lainnya menarik otot ke arah yang berlawanan. Pasangan otot ini akan bekerja sama dengan banyak sekali pasangan otot yang lain sebagai kelompok besar otot atau sistem gerak pasif. Sebagai contoh, otot bisep dan otot trisep. Saat otot bisep berkontraksi memendek, maka otot trisep berelaksasi/memanjang (disebut juga gerak ekstensi). Sebaliknya, ketika otot trisep berkontraksi, otot bisep berelaksasi. Dengan demikian, otot bisep sanggup kita sebut sebagai fleksor dan otot trisep sebagai ekstensor. Cermati sifat gerak otot bisep dan trisep pada Gambar 1.


Sebuah otot bisa menarik atau berkontraksi dengan berpengaruh Pintar Pelajaran Sifat Gerak Otot Manusia
Gambar 1. Gerak berlawanan pada otot bisep dan trisep
Selain bekerja secara berlawanan, otot sanggup bekerja secara sinergis sehingga saling menunjang. Misalnya, otot-otot tulang rusuk yang bekerja sama ketika kita melaksanakan pernapasan.

Anda kini sudah mengetahui Sifat Gerak Otot Manusia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!