Home » » Pintar Pelajaran Robot Mikro Bisa Membersihkan Tumpahan Minyak

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Robot Mikro Bisa Membersihkan Tumpahan Minyak

Robot Mikro Mampu Membersihkan Tumpahan Minyak - Para ilmuwan telah melaporkan pengujian yang sukses mengenai “microsubmarines” (robot mikro) yang dirancang untuk membersihkan tetesan minyak dari air yang tercemar dan mengumpulkan tumpahan minyak tersebut ke kemudahan pengumpulan. Laporan ini menyimpulkan bahwa mesin-mesin kecil sanggup memainkan peranan penting dalam membersihkan tumpahan minyak, ibarat kejadian Deepwater Horizon pada tahun 2010 di Teluk Meksiko. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal ACS Nano

Joseph Wang dan rekannya menjelaskan bahwa versi yang berbeda dari mesin mikro telah dikembangkan, ibarat pada perangkat yang sanggup mengangkut obat melalui aliran darah ke bab badan yang sakit. Akan tetapi tak seorang pun pernah mengatakan bahwa perangkat ini (yang ukurannya 10 kali lebih kecil dari lebar rambut manusia) sanggup membantu membersihkan tumpahan minyak. Ada kebutuhan mendesak untuk cara yang lebih baik memisahkan minyak dari air di lautan dan di dalam pabrik-pabrik untuk menghindari  minyak yang tercemar mencemari  lingkungan.  
 Robot Mikro Mampu Membersihkan Tumpahan Minyak  Pintar Pelajaran Robot Mikro Mampu Membersihkan Tumpahan Minyak
Tumpahan minyak (Credit: © Focusedone / Fotolia)
Wang dan timnya menyebarkan microsubmarines, yang membutuhkan materi bakar yang sangat sedikit dan sanggup bergerak dengan sangat cepat, untuk melihat apakah mesin kecil ini sanggup membantu membersihkan minyak.

Hasil pengujian mengatakan bahwa microsubmarines yang berbentuk kerucut ini  dapat mengumpulkan tetesan minyak zaitun dan minyak motor di air dan mentransport minyak tersebut melalui air. Microsubmarine ini mempunyai lapisan permukaan khusus, yang menciptakan mereka “superhydrophobic“ (menolak air dan menyerap minyak). ”Hasil ini mengatakan potensi superhydrophobic microsubmarines yang sangat efisien untuk membersihkan minyak yang mengkontaminasi air,” kata para peneliti.

Para peneliti mendapat dana penelitian ini dari National Science Foundation, NATO Science for Peace and Security Program, MICINN Spanyol, Beatriu de Pinos (Pemerintah Catalonia) dan Universitas Alcála (Madrid).

Referensi Jurnal :

Maria Guix, Jahir Orozco, Miguel García, Wei Gao, Sirilak Sattayasamitsathit, Arben Merkoçi, Alberto Escarpa, Joseph Wang. Superhydrophobic Alkanethiol-Coated Microsubmarines for Effective Removal of Oil. ACS Nano, 2012; : 120410090310005 DOI: 10.1021/nn301175b

Artikel ini merupakan terjemahan dari artikel yang diterbitkan pada tanggal 2 Mei 2012 di Science Daily. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!