Home » » Pintar Pelajaran Prosedur Gerak Pada Binatang Vertebrata

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Prosedur Gerak Pada Binatang Vertebrata


Mekanisme Gerak pada Hewan Vertebrata - Pada dasarnya rangka binatang Vertebrata sama dengan manusia. Namun, bentuk rangka pada setiap binatang disesuaikan dengan fungsi, daerah hidup, dan cara hidupnya. Ikan mempunyai struktur rangka yang mendukung mekanisme geraknya dalam air. Lihat Gambar 1. Ikan bergerak dengan meliuk-liukkan rangka tubuhnya sehingga tubuhnya terdorong ke depan. Siripnya berfungsi sebagai kemudi dan alat penjaga keseimbangan. Namun, kuda bahari (Hyppocampus) bergerak dengan dorongan sirip punggung yang berfungsi seperti baling-baling kapal. Pada ikan buntal, siripnya berfungsi sebagai pendorong gerakan maju.
 Pada dasarnya rangka binatang Vertebrata sama dengan Pintar Pelajaran Mekanisme Gerak pada Hewan Vertebrata
Gambar 1. Gerakan ekor ikan berfungsi untuk menggerakkan tubuh ke depan
Bagaimana dengan katak? Coba perhatikan Gambar 2. 
 Pada dasarnya rangka binatang Vertebrata sama dengan Pintar Pelajaran Mekanisme Gerak pada Hewan Vertebrata
Gambar 2. Rangka katak
Tungkai belakang katak jauh lebih besar daripada tungkai bagian depan. Tungkai belakang katak berfungsi untuk melompat. Oleh karenanya, struktur tungkai belakang katak harus lebih kukuh. Tungkai depan katak terlihat lebih kecil, tetapi bisa menahan tubuhnya dikala mendarat. Burung mempunyai struktur tubuh ibarat binatang bertulang belakang lainnya, kecuali kedua tungkai depannya berubah menjadi sayap. Lihat Gambar 3. 
 Pada dasarnya rangka binatang Vertebrata sama dengan Pintar Pelajaran Mekanisme Gerak pada Hewan Vertebrata
Gambar 3. Rangka tulang burung
Burung mempunyai sejumlah ciri-ciri khusus yang bekerjasama dengan kemampuan terbang. Ciri-ciri khusus itu sebagai berikut.
  1. Sebagian ruas tulang belakang menjadi satu membentuk titik tumpu yang besar lengan berkuasa sewaktu sayap dikepakkan.
  2. Tulang yang besar biasanya berongga. Hal ini untuk mengurangi bobot badan. Berat rangka burung hanya 4% dari seluruh berat badan.
  3. Pada tulang dada yang berlunas dalam, menempel otot-otot terbang yang kukuh untuk menggerakkan sayap.
Selain bergerak dengan cara terbang, ada beberapa jenis burung juga sanggup berenang dengan kakinya. Burung yang dapat berenang umumnya mempunyai selaput pada kakinya. Golongan reptil contohnya kadal, mempunyai perkembangan yang baik pada rangka cuilan tungkai. Begitu pula dengan jenis cecak. Struktur telapak kaki cecak mempunyai alas kaki pelekat sehingga memungkinkan gerakan memanjat dinding dan berlari di langit-langit secara terbalik. Pada ular, gerakan terjadi saat rangka tubuh meliuk ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini dikenal sebagai lokomosi berkelok-kelok. Bagian samping tubuh ular bertumpu pada cuilan permukaan yang tidak rata dan jikalau ayunan gelombang hingga ke belakang, ular akan meluncur ke depan dengan sisik licin yang menutupi perutnya. Golongan reptil yang lain contohnya penyu, mempunyai sirip pipih sehingga menjadi perenang yang baik. Namun, keberadaan sirip tersebut justru membuat penyu susah bergerak di darat.

Tungkai pada reptil terletak di samping tubuh. Akibatnya reptil memiliki tubuh yang menggantung di antara kaki. Proporsi tubuh dengan keempat alat gerak menopang seluruh tubuh ini menyebabkan reptil mempunyai keseimbangan yang lebih stabil dibandingkan mamalia. Pada mamalia yang paling berfungsi menopang tubuh yakni tungkai tubuh cuilan bawah. Meskipun demikian, dengan tipe tubuh ibarat itu mamalia menjadi lebih leluasa bergerak.

Cara mamalia berjalan sanggup dibedakan sebagai berikut.
  1. Hewan pejalan sol berjalan dengan seluruh cuilan telapak kakinya mengenai atau menyentuh tanah (misalnya beruang, landak, tikus pondok, dan lain-lain). Hewan pejalan setengah pejalan sol yakni binatang yang berjalan di atas jari kakinya pada dikala berjalan cepat. Manusia termasuk setengah pejalan sol.
  2. Hewan pejalan kaki berjalan dengan jari-jari kakinya yang mengenai atau menyentuh permukaan tanah (terdapat pada kebanyakan binatang pemangsa ibarat singa, anjing, kucing, dan lain-lain).
  3. Hewan pejalan ladam berjalan dengan ujung telapak (ladam) kakinya yang keras (misalnya kuda, sapi, kambing, domba, dan lain-lain).
 Pada dasarnya rangka binatang Vertebrata sama dengan Pintar Pelajaran Mekanisme Gerak pada Hewan Vertebrata
Gambar 4. Cara mamalia berjalan
Anda kini sudah mengetahui Mekanisme Gerak Hewan Vertebrata. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!