Home » » Pintar Pelajaran Manfaat Pasta Tomat Untuk Melindungi Kulit Dari Sinar Uv

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Manfaat Pasta Tomat Untuk Melindungi Kulit Dari Sinar Uv

Manfaat Pasta Tomat untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV - Buah tomat yang selama ini dikenal baik untuk kesehatan ternyata juga mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan kulit. Sebuah penelitian telah menandakan bahwa buah tomat ternyata bisa melindungi kulit dari radiasi sinar UV sinar UV yang merupakan penyebab kanker kulit.

Penelitian ini dilakukan oleh Profesor Mark Birch-Machin dari Newcastle University. Hasil penelitiannya diterbitkan di Royal Society of Medicine, Inggris.

Penelitian ini melibatkan 20 partisipan, dimana tiap harinya,10 partisipan mengkonsumsi saus tomat sebanyak 5 sendok teh (55 gram) yang setara dengan 5-6 butir tomat yang diolah bersama dengan 10 gram minyak zaitun. Sedangkan 10 partisipan sisanya hanya mengkonsumsi minyak zaitun dan sama sekali dihentikan memakan tomat.
Manfaat Pasta Tomat untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV Pintar Pelajaran Manfaat Pasta Tomat untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV
Menurut peneliti, pinjaman terhadap sinar UV alasannya konsumsi pasta tomat setara dengan kemampuan sunscreen SPF 1.3. (Foto: gettyimages)
Pada awal penelitian, para partisipan diukur sensitivitas kulitnya terhadap radiasi sinar ultraviolet (UV), lalu diukur kembali sesudah 12 minggu. Hasil pengukuran mengatakan bahwa, partisipan yang tiap harinya mengkonsumsi saus tomat, kulitnya 33% lebih terlindung dari sinar UV.

Menurut para peneliti, “manfaat dari mengkonsumsi buah tomat sebanding dengan penggunaan tabir surya yang mempunyai Sun Protecting Factor (SPF) sebesar 1.3”. Jumlah ini relatif kecil untuk dijadikan sebagai pinjaman utama, tetapi cukup besar untuk mengoptimalkan dampak pinjaman terhadap sinar UV.

Senyawa yang berperan dalam hal ini yakni likopen. Likopen yakni senyawa antioksidan di dalam tomat yang bisa menangkal akhir dari paparan sinar UV. Likopen bisa menetralkan radikal bebas yang terbentuk dari paparan sinar UV yang sanggup menyebabkan kerusakan kulit.

Mengkonsumsi buah tomat merupakan pinjaman kulit dari dalam, namun kulit masih perlu dilindungi dari luar, ibarat penggunaan tabir surya, pakaian tertutup dan mengurnagi paparan sinar matahari secara langsung, kata Mark.

Likopen sanggup ditemukan pada banyak sekali macam produk olahan buah tomat seperti, pasta, jus, sup, dan lain sebagainya. Selain manfaat di atas likopen juga mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menghambat kanker prostat paru-paru dan payudara serta melindungi tulang dari osteoporosis.

Sumber : detikFood (Senin, 11/06/2012 07:04 WIB)

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Pasta Tomat untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!