Home » » Pintar Pelajaran Otot Rangka (Otot Lurik) Manusia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Otot Rangka (Otot Lurik) Manusia


Otot Rangka atau Otot Lurik pada Manusia - Menurut para ahli, otot rangka merupakan komponen utama penyusun badan kita. Otot ini menempel pada rangka (tulang). Oleh karena itu, dinamakan otot rangka. Adanya kemampuan otot untuk berkontraksi dan berelaksasi mengakibatkan rangka badan kita bergerak. Perhatikan Gambar 1. Otot rangka yang terdapat pada lengan atas mempunyai jenis otot bisep dan otot trisep. Otot bisep mempunyai dua buah tendon, satu menempel pada tulang pengumpil, dan satu lainnya melekat pada tulang belikat. Perlekatan ujung tendon otot bisep pada tulang belikat yakni tulang yang tak berubah posisinya pada saat otot berkontraksi, yang disebut origo. Adapun ujung tendon yang lainnya menempel pada tulang pengumpil yakni tulang yang berubah posisinya ketika otot berkontraksi yang disebut insersio. Gerakan kita sehari-hari menyerupai menulis, makan, menekuk jari, menekuk tangan, berjalan ialah pola gerakan otot rangka. Gerakan ini semua diatur oleh sentra saraf (otak) dan terjadi menurut kehendak kita atau sadar. Karena itu, otot yang melakukannya disebut otot sadar.

berkontraksi dan berelaksasi mengakibatkan rangka badan kita Pintar Pelajaran Otot Rangka (Otot Lurik) Manusia
Gambar 1. Perlekatan otot rangka dan bagian-bagian otot rangka
Anda kini sudah mengetahui Otot Rangka atau Otot Lurik Manusia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!