Home » » Pintar Pelajaran Organ Badan Insan Dan Binatang Vertebrata

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Organ Badan Insan Dan Binatang Vertebrata

Organ Tubuh Manusia dan Hewan Vertebrata - Organ yakni kumpulan beberapa jaringan untuk melaksanakan fungsi tertentu di dalam tubuh, contohnya kulit. Berdasarkan letaknya, organ pada tubuh dibedakan menjadi dua macam, yaitu organ dalam dan organ luar. Kulit yang menutupi permukaan luar tubuh kita merupakan salah satu pola organ luar yang terdiri atas jaringan pengikat, epitelium, otot, saraf, dan jaringan pembuluh darah. Seluruh jaringan yang terdapat pada kulit bahu-membahu berfungsi untuk melindungi tubuh dari kekeringan, perubahan suhu, cahaya matahari, zat kimia, infeksi, tekanan mekanik, sebagai kawasan pengeluaran keringat dan penimbunan lemak, serta sebagai indra peraba. Sementara itu, pola organ dalam yaitu usus. Usus merupakan salah satu organ penyusun sistem pencernaan yang tersusun atas berbagai jaringan, contohnya jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan otot, dan jaringan saraf. Perhatikan Gambar 1. berikut.
Organ yakni kumpulan beberapa jaringan untuk melaksanakan Pintar Pelajaran Organ Tubuh Manusia dan Hewan Vertebrata
Gambar 1. Jaringan-jaringan penyusun organ usus
Pada permukaan usus terdapat jonjot-jonjot kecil (vili) yang mirip jari-jari tangan. Permukaan jonjot ditutup oleh sel epitelium. Di dalam setiap jonjot terdapat jaringan pengikat, pembuluh darah, dan saluran limfa. Pembuluh darah berfungsi untuk mengangkut sari-sari makanan berupa glukosa dan asam amino. Sementara itu, saluran limfa mengangkut sari-sari kuliner berupa asam lemak dan gliserol. Jaringan otot yang tersusun secara sirkular dan longitudinal berperan dalam gerakan peristaltik. Terdapat juga jaringan saraf yang bertugas untuk mengkoordinasi kerja jaringan epitelium, jaringan pengikat, dan jaringan otot. Keempat jaringan tersebut membentuk satu kesatuan yang memiliki fungsi sama yaitu mencerna makanan.

Organ-organ menempati posisi tertentu dalam tubuh kita dan disesuaikan dengan fungsinya. Kumpulan aneka macam organ yang bekerja sama melaksanakan suatu fungsi tertentu disebut sistem organ. Misalnya sistem peredaran darah yang tersusun oleh organ jantung, jaringan darah, dan pembuluh darah. Selain sistem peredaran darah juga terdapat sistem organ yang lainnya, contohnya sistem pencernaan. Perhatikan Gambar 2.

Organ yakni kumpulan beberapa jaringan untuk melaksanakan Pintar Pelajaran Organ Tubuh Manusia dan Hewan Vertebrata
Gambar 2. Sistem pencernaan insan beserta organ-organ penyusunnya
Organ penyusun sistem pencernaan mencakup mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Selain terdapat kelenjar pencernaan yang mencakup kelenjar ludah, pankreas, dan hati. Selama proses pencernaan, kuliner akan mengalami pemecahan baik secara mekanik maupun kimiawi. Setelah hingga di usus sari-sari kuliner akan diserap dan masuk ke dalam sistem peredaran darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Setiap organ memiliki kiprah penting dalam suatu sistem organ. Oleh sebab itu, kerusakan pada salah satu organ dari suatu sistem organ akan mengganggu fungsi dari sistem organ sehingga menimbulkan gangguan pada tubuh. Hal ini sebab setiap sistem organ memiliki kiprah penting bagi tubuh dalam menyelenggarakan proses kehidupan.

Berbagai sistem organ pada tubuh binatang mamalia dan manusia dijelaskan dalam Tabel 1 berikut.

Tabel 1. Sistem Organ Tubuh Hewan Mamalia dan Manusia

No.
Sistem
Organ
Fungsi
1.
Pencernaan (digesti)
Kelenjar ludah, gigi, lidah, laring, esofagus, lambung, usus, hati, kantong empedu, dan pankreas
Mencerna kuliner secara fisik dan kimia untuk diabsorpsi darah dan dipakai oleh Jaringan tubuh.
2.
Pernapasan (respirasi)
Hidung, faring, laring, trakea, bronkus, dan paru-paru
Mengambil O2 dan mengeluarkan CO2 dari tubuh.
3.
Urinaria
Ginjal, ureter, kantung kemih, dan uretra
Mengeluarkan hasil metabolisme yang tidak berkhasiat  ke luar tubuh dan menjaga keseimbangan sel dengan  lingkungannya.
4.
Peredaran (transportasi atau sirkulasi)
Jantung, pembuluh limfatik (getah bening), dan kelenjar limfa
Mengangkut O2 dan sari kuliner ke sel-sel tubuh dan mengangkut hasil metabolisme yang tidak berkhasiat ke luar tubuh, serta melindungi tubuh dari penyakit.
5.
Rangka
Tengkorak, tulang belakang, tulang rusuk dan dada, rangka penopang tulang-tulang bahu, rangka penopang tulang pinggul serta tulang anggota tubuh penggalan atas dan bawah
Menggerakkan penggalan tubuh dan untuk berpindah kawasan menegakkan tubuh, melindungi organ-organ di bawahnya, kawasan melekatnya otot, dan alat gerak  pasif.
6.
Otot
Otot rangka, otot polos, dan otot jantung
Menentukan postur tubuh, menyimpan glikogen, dan sebagai alat gerak aktif.
7.
Kelenjar buntu (endokrin)
Kelenjar buntu, pituitari, tiroid, paratiroid, pankreas, adrenal, dan kelenjar kelamin (buah zakar dan  indung telur)
Memproduksi hormon-hormon untuk mengatur metabolisme dalam tubuh.
8.
Saraf
Otak, sumsum tulang belakang, dan simpul-simpul saraf (ganglion)
Menerima dan merespon rangsang dari lingkungannya.
9.
Perkembangbiakan (reproduksi)
Testis dan ovarium
Perkembangbiakan.
10.
Integumen
Kulit dan derivatnya
Pelindung tubuh.

Dalam tubuh makhluk hidup terdapat aneka macam macam sistem organ. Seperti yang telah dibahas di depan, insan juga mempunyai beberapa sistem organ.

Anda telah mempelajari aneka macam macam sistem organ yang terdapat di dalam tubuh. Kesatuan dari sistem organ dalam tubuh membentuk organisme (individu). Tahapan terbentuknya suatu organisme sanggup diringkas sebagai berikut. Sel telur dibuahi sel sperma → zigot → morula → blastula → gastrula → neurula → jaringan → organ → sistem organ → organisme (individu).

Selain hewan-hewan tingkat tinggi menyerupai yang telah Anda pelajari di depan, beberapa binatang tingkat rendah juga ada yang sudah memiliki jaringan.

Anda kini sudah mengetahui Organ Tubuh Manusia dan Hewan Vertebrata. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!