Home » » Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Otot Lurik Pada Hewan

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Otot Lurik Pada Hewan

Struktur dan Fungsi Jaringan Otot Lurik pada Hewan - Perhatikan Gambar 1. Otot lurik (otot rangka) memiliki serabut kontraktil yang memantulkan cahaya berselang-seling gelap (anisotrop) dan terperinci (isotrop). Sel atau serabut otot lurik berbentuk silindris atau serabut panjang. Setiap sel mempunyai banyak inti dan terletak di bab tepi sarkoplasma. Otot lurik bekerja di bawah kehendak (otot sadar) sehingga disebut otot volunter dan selnya dilengkapi serabut saraf dari sistem saraf pusat. Kontraksi otot lurik cepat tetapi tidak teratur dan gampang lelah. Otot lurik disebut juga otot rangka alasannya biasanya menempel pada rangka tubuh, contohnya pada bisep dan trisep. Selain itu juga terdapat di lidah, bibir, kelopak mata, dan diafragma. Otot lurik berfungsi sebagai alat gerak aktif alasannya dapat berkontraksi secara cepat dan berpengaruh sehingga dapat menggerakkan tulang dan tubuh. (Baca : Jaringan Otot)

kontraktil yang memantulkan cahaya berselang Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Otot Lurik pada Hewan
Gambar 1. Otot lurik
Anda kini sudah mengetahui Struktur dan Fungsi Jaringan Otot Lurik pada Hewan. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!