Home » » Pintar Pelajaran Foto Bintang Yang Dihancurkan Lubang Hitam

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Foto Bintang Yang Dihancurkan Lubang Hitam

Foto Bintang Yang Dihancurkan Lubang Hitam - Peringatan bagi bintang! Ketika mengitari lubang hitam, berhati-hatilah. Jika terlalu akrab dengannya, maka Sesuatu yang jelek akan menimpa anda. Bacalah rincian selengkapnya di bawah ini. Pada ekspresi dominan semi 2010, NASA mengorbit Galaxy Evolution Explorer dan teleskop Pan-STARRS mengobservasi cahaya jelas berbentuk ibarat pengecap api yang mencurigakan di sekitar lubang hitam supermasif yang jaraknya 2 milyar tahun dari bumi.

Selama beberapa bulan berikutnya, pengecap api tersebut bertambah terang, kemudian lenyap. Para ilmuwan menyatakan bahwa pertunjukan pengecap api tersebut merupakan lubang hitam PS1-10jh yang menghancurkan bintang alasannya bintang tersebut terlalu akrab dengan lubang hitam sehingga tertarik oleh gravitasi yang sangat kuat.

Para pengamat astronomi mempresentasikan temuan ini secara online (2/5/2012) di Nature. Temuan ini mengindikasikan bahwa dikala bintang tersebut tersedot oleh lubang hitam, maka akan timbul kilatan cahaya yang sangat besar. Kilatan ini diakibatkan oleh inti bintang yang akan helium. Lubang hitam raksasa mempunyai massa 3 juta kali dari massa matahari dan sebelumnya mungkin telah menghancurkan lapisan luar bintang tersebut, namun tidak sempat terdeteksi oleh teleskop.
 Foto Bintang Yang Dihancurkan Lubang Hitam  Pintar Pelajaran Foto Bintang Yang Dihancurkan Lubang Hitam
Lidah api yang ditimbulkan oleh inti bintang yang kaya helium. Bintang tersebut terjebak di medan gravitasi lubang hitam sehingga hancur (Credit: NASA, S. Gezari/Johns Hopkins University and A. Rest/Space Telescope Science Institute)
Karena lubang hitam menelan bintang secara perlahan-lahan, maka aka nada hamburan material bintang tersebut ke ruang angkasa. Sisa-sisa bintang tersebut terlihat di simulasi computer berupa orbit yang memanjang ke arah lubang hitam sehingga berbentuk pengecap api selama berbulan-bulan.

Peristiwa tersebut sangat jarang terjadi. Diperkirakan hanya terjadi 10.000 tahun sekali di setiap galaksi. Peristiwa ini akan membantu astronom untuk menemukan letak lubang hitam yang selama ini tersembunyi.

Referensi Jurnal :

Giuseppe Lodato. 2012. Black holes: Star ripped to shreds. Nature. doi: 10.1038/nature11191.

Artikel merupakan terjemahan dari bahan yang disediakan oleh Science News. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!