Home » » Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Epitelium Epilog Pada Hewan

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Epitelium Epilog Pada Hewan

Struktur dan Fungsi Jaringan Epitelium Penutup pada Hewan - Jaringan ini disebut jaringan epitelium penutup karena berfungsi melapisi permukaan badan dan jaringan lainnya. Jaringan ini terdapat di permukaan tubuh, permukaan organ, melapisi rongga, atau merupakan lapisan di sebelah dalam kanal yang ada pada tubuh (misalnya kanal pencernaan dan pembuluh darah). Pada dasarnya, jaringan epitelium memiliki beberapa fungsi berikut.
  1. Pelindung atau perlindungan jaringan yang berada di sebelah dalamnya, contohnya jaringan epitelium kulit dan selaput rongga mulut.
  2. Sebagai kelenjar, adalah jaringan yang menghasilkan sekret. Ada dua macam kelenjar adalah kelenjar eksokrin dan kelenjar endokrin.
  3. Penerima rangsang (reseptor) disebut epitelium sensori atau neuroepitelium. Epitelium sensori kebanyakan berada di sekitar alat indra.
  4. Pintu gerbang kemudian lintas zat, berfungsi melakukan penyerapan zat ke dalam badan dan untuk mengeluarkan zat dari dalam tubuh, misalnya:
  • pada alveolus paru-paru, untuk keluar masuknya O2 dan CO2,
  • pada jonjot usus, untuk perembesan zat makanan, dan
  • pada nefron, untuk lewatnya urine.
Anda kini sudah mengetahui Struktur dan Fungsi Jaringan Epitelium Penutup pada Hewan. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!