Home » » Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Tulang Keras Pada Hewan

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Tulang Keras Pada Hewan

Struktur dan Fungsi Jaringan Tulang Keras pada Hewan - Tulang merupakan jaringan pengikat yang termineralisasi (mengandung mineral). Sel tulang disebut osteosit yang dibuat oleh osteoblast. Antara osteosit yang satu dengan yang lain dihubungkan oleh kanalikuli. Matriks osteoblast mengandung kalsium fosfat yang memperkeras matriks sehingga tulang lebih keras daripada tulang rawan. Berat badan mamalia dewasa, 15% berupa tulang. Berat tulang sebagian besar tersusun atas garam mineral, yaitu 85% kalsium fosfat, 10% kalsium karbonat, 4% magnesium klorida, dan 1% kalsium fluorida. Oleh alasannya ialah itu susunan tulang menjadi keras dan kaku. Endapan garam mineral menyusun dan melingkari bagian sentra tulang sehingga membentuk pita melingkar disebut lamela. Pada batas lamela terdapat lakuna yang di dalamnya terdapat osteosit (sel tulang). Setiap tulang dibungkus oleh periosteum, yaitu jaringan pengikat fibrosa yang berbentuk lembaran pipih dan liat. Lapisan dalam dilapisi oleh endosteum. Perhatikan Gambar 1. 
Tulang merupakan jaringan pengikat yang termineralisasi Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Tulang Keras pada Hewan
Gambar 1. Penampang bujur tulang pipa
Berdasarkan susunan matriksnya, jaringan tulang dibedakan menjadi tulang keras atau tulang kompak dan tulang berongga atau tulang spons. Tulang keras memiliki matriks yang susunannya rapat. Sementara itu, tulang spons mempunyai susunan matriks longgar atau berongga. Susunan anatomi tulang pipa terdiri atas bagian epifisis di kedua ujung dan diafisis di bab tengah. Epifisis tulang pipa berbentuk bonggol serta tersusun oleh periosteum dan tulang rawan. Diafisis tulang pipa terdiri atas periosteum, tulang keras, tulang spons, dan rongga sumsum tulang. Perhatikan Gambar 2. 
Tulang merupakan jaringan pengikat yang termineralisasi Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Tulang Keras pada Hewan
Gambar 2. Sistem Havers pada jaringan tulang
Pada tulang keras atau kompak, sel-sel tulang tersusun membentuk sebuah sistem yang disebut sistem Havers. Bagian tengah sistem Havers terdapat saluran disebut saluran Havers yang berisi pembuluh darah, pembuluh limfa, dan saraf. Di antara dua saluran Havers dihubungkan oleh saluran Volkman. Di sekeliling sistem Havers terdapat lapisan tulang yang disebut lamela. Pada lamela-lamela inilah terdapat osteosit (sel-sel tulang) yang menempati lakuna (rongga) yang tersusun secara konsentris. Susunan osteosit sanggup Anda amati pada Gambar 3.
Tulang merupakan jaringan pengikat yang termineralisasi Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Tulang Keras pada Hewan
Gambar 3. Osteosit (sel tulang) pada lakuna
Anda kini sudah mengetahui Struktur dan Fungsi Jaringan Tulang Keras pada Hewan. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!