Home » » Pintar Pelajaran Macam-Macam Otot Manusia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Macam-Macam Otot Manusia


Macam-macam Otot pada Manusia - Berdasarkan jenisnya, otot terbagi menjadi tiga macam, yaitu otot jantung, otot lurik, dan otot polos. Lakukanlah eksperimen berikut untuk mengetahui perbedaan struktur masing-masing otot.

a. Otot Lurik

Otot lurik atau disebut juga dengan otot rangka karena melekat pada rangka dan berfungsi menggerakkan rangka. Otot lurik tersusun atas serabut-serabut otot atau miofibril yang berinti banyak. Miofibril dalam plasma berwarna gelap dan terang, tersusun teratur, dan tampak bergaris sehingga disebut otot seran lintang atau otot lurik.

berikut untuk mengetahui perbedaan struktur masing Pintar Pelajaran Macam-macam Otot Manusia
Gambar 1. Otot Lurik.
Miofibril membentuk kumpulan serabut yang disebut otot atau daging. Tiap kumpulan serabut dilindungi oleh selaput yang disebut fasia propria, sedangkan otot atau daging dilindungi oleh selaput fasia superfisialis. Biasanya adonan otot berbentuk kumparan dengan bagian tengahnya menggelembung disebut empal atau ventrikel. Sementara itu, bab tepi adonan otot tersebut mengecil disebut urat otot atau tendon. Bagian empal dapat berkontraksi mengerut dan mengendur. Setiap otot memiliki dua buah tendon atau lebih. Tendon yang menempel pada tulang yang bergerak disebut insersio, sedangkan tendon yang menempel pada tulang yang tidak bergerak disebut origo. Otot lurik disebut otot sadar alasannya yaitu bekerjanya dikendalikan oleh kehendak kita. Kontraksinya cepat, tidak teratur, dan gampang lelah. Otot lurik sanggup bergerak karena rangsang berupa panas, dingin, arus listrik, dan rangsang kimia.

b. Otot Jantung atau Myocardium

Otot jantung hanya terdapat pada jantung. Otot ini secara anatomis mempunyai ciri ibarat otot lurik, tetapi berinti banyak dan terletak di tengah. Otot jantung mempunyai cabang-cabang yang menghubungkan sel satu dengan selsel lain disebut anastomosis. Batas antarselnya tampak jelas dan disebut diskus interkalaris.

berikut untuk mengetahui perbedaan struktur masing Pintar Pelajaran Macam-macam Otot Manusia
Gambar 2. Otot Jantung atau Myocardium
c. Otot Polos

Sel-sel otot polos mempunyai bentuk ibarat gelendong, berinti satu, dan terdapat di tengah. Miofibril berwarna polos (tidak berwarna gelap dan terang). Kerja otot polos adalah tidak sadar (tidak dipengaruhi kehendak), lambat, teratur, dan tidak gampang lelah. Otot polos terdapat pada dinding saluran pencernaan, akses pernapasan, dan pembuluh darah sehingga sering disebut otot alat-alat dalam.

berikut untuk mengetahui perbedaan struktur masing Pintar Pelajaran Macam-macam Otot Manusia
Gambar 3. Otot Polos
Anda kini sudah mengetahui Macam-macam Otot Manusia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!