Home » » Pintar Pelajaran Struktur Serabut Kolagen, Elastin, Dan Retikuler

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Struktur Serabut Kolagen, Elastin, Dan Retikuler

Struktur Serabut Kolagen, Elastin, dan Retikuler - Berdasarkan bentuk dan reaksi kimianya, Serabut dibedakan menjadi tiga jenis, yakni serabut kolagen, serabut elastin, dan serabut retikular.


Serabut kolagen memiliki daya elastisitas rendah, daya regang sangat tinggi, berwarna putih, dan bentuknya berupa berkas-berkas beragam. Serabut kolagen terdapat pada tendon (penghubung otot dengan tulang) dan jaringan pengikat longgar. Perhatikan Gambar 1.
 Serabut kolagen memiliki daya elastisitas Pintar Pelajaran Struktur Serabut Kolagen, Elastin, dan Retikuler
Gambar 1. Serabut kolagen

Serabut elastin memiliki elastisitas tinggi, berwarna kuning, lebih tipis dari serabut kolagen, dan bentuknya ibarat bangunan bercabang-cabang dan tebal. Serabut elastin tersusun oleh protein dan mukopolisakarida. Serabut elastin antara lain terdapat pada pembuluh darah dan ligamen. Elastisitas serabut elastin akan semakin menurun dengan semakin bertambahnya usia seseorang.


Serabut retikular memiliki daya elastisitas rendah. Hampir sama dengan serabut kolagen, tetapi ukurannya lebih kecil. Serabut ini berperan menghubungkan antara jaringan pengikat dengan jaringan lainnya.

Anda kini sudah mengetahui Struktur Serabut KolagenSerabut Elastin dan Serabut Retikuler. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!