Home » » Pintar Pelajaran Manfaat Tomat Ungu Untuk Menghambat Sel Kanker

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Manfaat Tomat Ungu Untuk Menghambat Sel Kanker

Manfaat Tomat Ungu untuk Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker - Jenis tomat berwarna ungu yang diklaim memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, ketika ini sedang dikembangkan oleh para peneliti dari Inggris. Para  peneliti meyakini bahwa, jenis tomat gres yang merupakan hasil dari penyilangan gen ini mengandung banyak pigmen antioksidan berupa antosian. Pigmen jenis ini memiliki tugas penting untuk menghambat sel tumor dan kanker.

Penelitian ini dilaporkan di jurnal Nature Biotechnology. Sebuah tim ilmuwan dari John Innes Centre, Norwich, berhasil membuat tomat varian gres ini dengan mengkombinasikan gen-gen dari bunga snapdragon (Antirrhinum majus).
Manfaat Tomat Ungu untuk Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker Pintar Pelajaran Manfaat Tomat Ungu untuk Menghambat Sel Kanker
Tomat ungu (Foto: BBC)
Bunga snapdragon dikenal kaya akan pigmen antosianin. Pigmen jenis ini juga banyak ditemukan pada aneka macam jenis buah berry yang berwarna gelapseperti; blackberry, cranberry dan chokeberry.
Pada penelitian ini, tomat hasil rekayasa genetik diujikan pada tikus laboratorium. Hasil penelitian mengatakan bahwa, secara signifikan, kelompok tikus yang diberikan tomat ungu sanggup bertahan hidup lebih usang bila dibandingkan dengan kelompok tikus pengidap kanker yang hanya diberi tomat biasa atau yang tidak diberi tomat jenis apapun.

“Hasil dari penelitian ini ternyata melebihi dari apa yang kami harapkan,” kata Cathie Martin, pemimpin penelitian yang jugamerupakan spesialis di bidang biologi tumbuhan.

Buah-buahan menyerupai blackberry atau blackcurrant sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit seperti; kanker, gangguan syaraf, gangguan radiovaskular. Akan tetapi buah-buahan ini masih jarang dikonsumsi oleh kebanyakan orang, tambah Cathie Martin.

Berdasarkan fakta tersebut, para andal lalu mencoba untuk membuat buah tomat yang mengandung banyak antosianin dengan memakai gen-gen dari bunga snapdragon. Buah tomat yang biasanya berwarna merah pada prosesnya akan menjelma ungu.

Menurut para ahli, buah tomat ini masih belum bias diujikan pada insan dalam waktu dekat. Para peneliti selanjutnya akan meneliti perihal bagaimana prosedur / proses kandungan antioksidan pada tomat ungu sanggup menghipnotis perkembangan sel tumor. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan perwatan terhadap pasien penderita kanker.

Sumber : Nasional Kompas (Senin, 27 Oktober 2008 | 12:35 WIB)

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Tomat Ungu untuk Menghambat Sel Kanker. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!