Home » , , » Hukum Pemantulan Cahaya Dan Jenis-Jenis Pemantulan

LIRIK LAGU : Hukum Pemantulan Cahaya Dan Jenis-Jenis Pemantulan

Edutasfi.com - Pemantulan Cahaya dan Cermin Datar. Salah satu karakteristik cahaya yaitu sanggup mengalami refleksi atau pemantulan. Kita sanggup melihat bayangan dikala bercermin alasannya yaitu cermin yang kita gunakan sanggup memantulkan cahaya yang diterimanya. Cermin yang dipakai sehari-hari umumnya terbuat dari sebidang beling yang sisi belakangnya telah dilapisi dengan cat logam. Cahaya yang tiba pada beling akan dipantulkan oleh lapisan cat logam yang ada pada sisi belakang cermin sehingga kita sanggup melihat bayangan yang dihasilkan. Lalu bagaimana sifat pemantulan cahaya pada cermin datar? Pada kesempatan ini, edutasfi akan memaparkan aturan pemantulan cahaya dan sifat bayangan yang terbentuk oleh cermin datar.

A. Hukum Pemantulan Snellius

Pemantulan cahaya sanggup terjadi alasannya yaitu cahaya mengenai permukaan yang bersifat memantulkan cahaya. Ketika berkas cahaya mengenai suatu permukaan pantul, maka berkas cahaya tersebut akan dipantulkan kembali dengan sudut pantul yang sama dengan sudut datangnya.

Pada aturan pemantulan cahaya terdapat beberapa istilah umum yang digunakan, yaitu sinar datang, sinar pantul, garis normal, sudut datang, dan sudut pantul. Sinar tiba dan sinar pantul digambarkan sebagai garis lurus dengan anak panah untuk menawarkan arah pantulan.

Garis normal merupakan sebuah garis yang tegak lurus dengan permukaan pantul. Sudut tiba yaitu sudut yang dibuat oleh sinar tiba dan garis normal sedangkan sudut pantul yaitu besar sudut yang dibuat oleh sinar pantul dan garis normal.

 Salah satu karakteristik cahaya yaitu sanggup mengalami refleksi atau pemantulan HUKUM PEMANTULAN CAHAYA DAN JENIS-JENIS PEMANTULAN

Pada pemantulan cahaya berlaku aturan Snellius. Dua butir utama aturan Snellius yaitu :
1). Sinar datang, sinar pantul, dan garis normal berpotogan pada satu titik dan terletak pada satu bidang datar.
2). Besar sudut tiba sama dengan besar sudut pantul (i = r).

B. Jenis-jenis Pemantulan

Berdasarkan sifat pemantulannya, pemantulan cahaya sanggup dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pemantulan teratur dan pemantulan baur.

#1 Pemantulan Teratur
Pemantulan teratur yaitu pemantulan cahaya oleh permukaan-permukaan pantul yang halus dan rata contohnya cermin datar. Pada pemantulan teratur, berkas-berkas sinar sejajar yang mengenai permukaan datar dipantulkan juga sebagai berkas-berkas sinar sejajar.

Baca juga : soal-hukum-snellius-tentang-pemantulan-cahaya" rel="nofollow" target="_blank">Pembahasan Contoh Soal Pemantulan Cahaya.

#2 Pemantulan Baur
Pemantulan baur yaitu pemantulan yang cahaya oleh permukaan-permukaan pantul yang garang dan tidak rata contohnya kertas HVS. Pada pemantulan baur, berkas-berkas sinar sejajar yang mengenai permukaan garang dipantulkan ke segala arah. Dalam hal ini, berkas-berkas tidak sejajar satu sama lain.

Salah satu perbedaan antara pemantulan teratur dan pemantulan baur yaitu sifat cahayanya. Pada pemantulan teratur, berkas cahayanya bersifat menyilaukan sedangkan pada pemantulan baur berkas cahaya pantulnya tidak menyilaukan.

Sinar matahari mengalami pemantulan baur oleh permukaan rata dan oleh partikel-partikel bubuk di udara sehingga kita sanggup melihat benda-benda di sekeliling kita meskipun benda tersebut tidak secara eksklusif terkena sinar matahari.

C. Pembentukan Bayangan pada Cermin Datar

Untuk melukiskan bayangan yang dihasilkan oleh sebuah cermin datar, kita sanggup memakai sinar-sinar penting yang berasal dari benda. Sinar yang dipakai biasanya hanya sinar yang dihasilkan oleh ujung-ujung benda.

Cara memilih bayangan benda pada cermin datar sanggup dilakukan dengan cara berikut:
1). Pilih sinar yang dihasilkan ujung benda
2). Sinar yang jatuh tegak lurus cermin dipantulkan dalam arah berlawanan
3). Sinar yang jatuh dengan sudut tiba i dipantulkan dengan sudut pantul r (dimana i = r)
4). Tarik perpanjangan sinar-sinar pantul ke belakang
5). Perpotongan perpanjangan sinar pantul membentuk bayangan benda.

Berikut beberapa sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar :
1). Bersifat maya (tidak sanggup ditangkap oleh layar)
2). Bayangan tegak menyerupai benda
3). Sama besar dengan benda (m = 1)
4). Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin
5). Tinggi bayangan sama dengan tinggi benda
6). Pertukaran sisi (bayangan menghadap berlawanan benda).

Pada pembahasan ini kita sudah mempelajari bagaimana sifat pemantulan cahaya pada cermin datar. Lalu bagaimana sifat pemantula cahaya pada cermin lengkung? Bagaimana sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung atau cermin cembung? Untuk mempelajari pemantulan cahaya pada cermin lengkung, anda sanggup melihatnya melalui link di bawah ini.

Baca juga :soal-hukum-snellius-tentang-pemantulan-cahaya" rel="nofollow" target="_blank"> Ciri-ciri dan Sifat Pemantulan pada Cermin Cekung.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pemantulan cahaya dan sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar. Jika pembahasan ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia di bawah ini.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!