Home » » Pintar Pelajaran Spesies Gres Krustasea Ditemukan Di Spanyol

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Spesies Gres Krustasea Ditemukan Di Spanyol

Spesies Baru Krustasea Ditemukan Di Spanyol - Sebuah spesies krustasea gres telah ditemukan di pegunungan bawah bahari di lepas pantai barat bahari Spanyol, berdasarkan para ilmuwan. “Lobster jongkok” (Squat lobster) merupakan lobster dengan warna oranye dan berukuran sekitar 2 inci (5 cm). Lobster ini mempunyai korelasi akrab dengan dan kelomang daripada dengan lobster biasa.

Lobster ini ditemukan pada kedalaman 4.626 kaki (1.410 meter) pada bulan Agustus 2011 oleh kelompok peneliti INDEMARES dan hidup di antara karang dalam dan kipas laut, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam edisi Maret pada jurnal Zootaxa.

Krustasea pemalu ini sangat melimpah pada tempat pegunungan bawah laut, dimana tempat tersebut tidak banyak dipengaruhi kegiatan manusia, kata para peneliti dalam sebuah pernyataan.

Lobster ini diberi nama ilmiah Uroptychus cartesi, spesies terdekat dari lobster ini sanggup ditemukan di Laut Karibia, dan kedua spesies tersebut kemungkinan mempunyai nenek moyang sama “spesies lobster yang menginvasi perairan Atlantik dari Samudra Pasifik sampai India beberapa juta tahun lalu,” kata rekan penulis studi ini, Enrique Macpherson, seorang peneliti di Spain’s Centre for Advanced Studies of Blanes.
 Spesies Baru Krustasea Ditemukan Di Spanyol  Pintar Pelajaran Spesies Baru Krustasea Ditemukan Di Spanyol
Ilustrasi dari “lobster jongkok”, Uroptychus cartesi. (Foto: Image courtesy of Plataforma SINC )
Lobster jongkok ini mempunyai cangkang sebagai rumah dan tidak menyebar dalam area yang luas, alasannya ialah periode larva mereka pada tahap planktonik hanya beberapa hari (pada tahap ini larva sanggup berenang bebas). Spesies ini memakan krustasea kecil dan partikel-partikel kecil.

Krustasea ini ini berbeda dari spesies krustasea Eropa lainnya terutama alasannya ialah bentuknya dan jumlah duri di cangkangnya.

Para peneliti menamakan spesies ini degan nama seorang ilmuwan “Joan Cartes”, dari Institut Ilmu Kelautan Barcelona, yang merupakan orang pertama yang menyadari adanya spesies gres ini.

Keenam spesimen yang ditangkap diserahkan ke Institut Ilmu Kelautan, Barcelona dan Museum Nasional Sejarah Alam di Paris.

Referensi Jurnal :

Baba, Keiji; Macpherson, Enrique. A new squat lobster (Crustacea: Decapoda: Anomura: Chirostylidae) from off NW Spain. Zootaxa, 3224: 49-56, 2012.

Artikel ini merupakan terjemahan dari bahan yang disediakan oleh Live Science (15 Juni 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!