Home » » Pintar Pelajaran Cara Lebah Membedakan Warna Bunga

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Cara Lebah Membedakan Warna Bunga

Cara Lebah Membedakan Warna Bunga - Lebah yaitu sahabat terbaik bagi bunga. Serangga ini memakai matanya untuk mengenali adanya kehidupan bunga. Lebah mengambil serbuk sari dengan kakinya yang lengket, lalu menyebarluaskan bahan genetik flora tersebut.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa, di kepingan bumi utara, pola pewarnaan bunga ‘berevolusi secara khusus’ untuk memenuhi nuansa penglihatan serangga. Untuk menguji bagaimana hubungan evolusi antara bunga dan serangga yang terdapat di Australia, dimana secara geografis terisolasi selama 34 juta tahun, ilmuwan mengumpulkan 111 bunga orisinil Australia. Mereka menganalisis pola warnanya, bukan hanya dalam spektrum cahaya tampak bagi insan (kisaran warna yang sanggup dilihat oleh manusia), tetapi juga pantulan cahaya ultraviolet yang sensitif terhadap serangga.

Sebagai pola bunga Jessamine kuning (Gelsemium sempervirens). Dalam pandangan manusia, bunga tersebut secara keseluruhan nampak berwarna kuning, tetapi berbeda dengan lebah. Lebah memandang bunga tersebut mempunyai variasi warna yang luas.
 Lebah yaitu sahabat terbaik bagi bunga Pintar Pelajaran Cara Lebah Membedakan Warna Bunga
Warna bunga Jessamine kuning (Gelsemium sempervirens) pada penglihatan lebah (Credit: Sue Williams and Adrian Dyer)

Mengulangi penelitian sebelumnya dari bab utara dunia (data dari Australia), peneliti menerbitkannya dalam Prosiding Royal Society B, melaporkan bahwa serangga sangat sensitif terhadap bunga di tempat Australia yang mempunyai variasi warna dalam spektrum sempit.

Hal ini membantu serangga membedakan bunga dengan cara mengingat warna favorit mereka dan tentunya akan mempermudah untuk kembali menemukan bunga tersebut. Hal ini juga merupakan laba tersendiri bagi tanaman.

Saat ini, hasil penelitian ini berlaku hanya di dua benua, kemungkinan juga berlaku hal sama di benua lainnya.

Referensi Jurnal:

Adrian G. Dyer,  Skye Boyd-Gerny, Stephen McLoughlin ,Marcello G. P. Rosa , Vera Simonov and  Bob B. M. Wong. 2012. Parallel evolution of angiosperm colour signals: common evolutionary pressures linked to hymenopteran vision. Proceedings of the Royal Society B, doi: Sciencemag.org. Naskah aslinya ditulis oleh Sarah C. P. Williams. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!