Home » » Pintar Pelajaran Elektron Valensi Bekerjasama Dengan Sifat Unsur

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Elektron Valensi Bekerjasama Dengan Sifat Unsur

Elektron Valensi Berhubungan dengan Sifat Unsur - Berdasarkan sifatnya, unsur-unsur kimia sanggup dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu unsur logam, unsur nonlogam, dan unsur gas mulia. Unsur-unsur yang bersifat logam ialah unsur-unsur yang termasuk golongan IA, IIA, dan IIIA (kecuali boron), IVA (kecuali karbon dan silikon), sebagian VA (antimon dan bismut), IB, IIB, IIIB, IVB, VB, VIB, VIIB, dan VIIIB. Unsur-unsur yang bersifat nonlogam ialah unsur-unsur yang termasuk golongan IVA (karbon dan silikon), sebagian VA (kecuali antimon dan bismut), VIA, dan VIIA. Adapun unsur-unsur golongan VIIIA dinamakan gas mulia. (Baca juga : Kestabilan Unsur-Unsur Kimia di Alam)

Sifat logam, nonlogam, dan gas mulia bekerjasama dengan elektron valensi unsur. Perhatikanlah elektron valensi beberapa unsur dalam tabel 1. berikut.

Tabel 1. Sifat Logam, Nonlogam, dan Gas Mulia dari Unsur-Unsur

Unsur
Elektron Valensi
Sifat Unsur
Na
1
Logam
Mg
2
Logam
Al
3
Logam
C
4
Nonlogam
N
5
Nonlogam
S
6
Nonlogam
Cl
7
Nonlogam
He
2
Gas mulia
Ne
8
Gas mulia

Berdasarkan tabel tersebut, atom unsur yang mempunyai elektron valensi 1, 2, dan 3 tergolong ke dalam unsur logam. Atom dengan elektron valensi 4, 5, 6 dan 7 termasuk unsur nonlogam. Adapun unsur gas mulia mempunyai elektron valensi 2 dan 8.

Referensi :

Anda kini sudah mengetahui Elektron Valensi Berhubungan dengan Sifat Unsur. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rahayu, I. 2009. Mudah Belajar Kimia, Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p 210.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!