Home » » Pintar Pelajaran Konsep Redoks Menurut Pelepasan Dan Pengikatan Oksigen

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Konsep Redoks Menurut Pelepasan Dan Pengikatan Oksigen

Konsep Redoks Berdasarkan Pelepasan dan Pengikatan Oksigen - Konsep reaksi oksidasi dan reduksi mengalami perkembangan dari masa ke masa sesuai cakupan konsep yang dijelaskan. Pada mulanya konsep reaksi oksidasi dan reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen. Reaksi oksidasi didefinisikan sebagai reaksi penggabungan/pengikatan suatu zat dengan oksigen. Sebaliknya reaksi pelepasan oksigen oleh suatu zat disebut reaksi reduksi.

Contoh reaksi oksidasi :

a. C(s) + O2(g) → CO2(g)
b. 4 Fe(s) + 3 O2(g) → 2 Fe2O3(s)
c. Cu(s) + O2(g) → CuO(s)
d. S(s) + O2(g) → SO2(g)
e. SO2(g) + O2(g) → SO3(g)

Pada reaksi di atas C mengikat O2 membentuk CO2. Demikian juga Fe, Cu, S, dan SO2 berturut-turut menjadi Fe2O3, CuO, SO2, dan SO3 setelah mengikat oksigen. Jadi, C, Fe, Cu, S, dan SO2  telah mengalami reaksi oksidasi.

Oksidator ialah :
  1. Sumber oksigen pada reaksi oksidasi.
  2. Zat yang mengalami reduksi.
Contoh reaksi reduksi :

a. 2 SO3(g) → 2 SO2(g) + O2(g)
b. 2 KClO3(s) → 2 KCl(s) + 3 O2(g)
c. 2 KNO3(aq) → 2 KNO2(aq) + O2(g)

Perhatikan reaksi di atas, SO3 melepaskan oksigen membentuk SO2, demikian juga KClO3 dan KNO3  masing-masing melepaskan oksigen menjadi KCl dan KNO2. Jadi, SO3, KClO3, dan KNO3 mengalami reaksi reduksi. 

Reduktor ialah :
  1. Zat yang menarik oksigen pada reaksi reduksi.
  2. Zat yang mengalami reaksi oksidasi.
Pada reaksi termit menghasilkan besi cair yang sering dipakai untuk mengelas benda-benda dari besi, reaksinya ialah :

2 Al(s) + Fe2O3(s) → 2 Fe(l) + Al2O3(s)

Al mengikat oksigen membentuk Al2O3 berarti Al mengalami oksidasi. Fe2O3 melepaskan oksigen membentuk Fe. Jadi, Fe2O3 mengalami reduksi. Pada reaksi termit tersebut oksidasi dan reduksi terjadi bersamaan, reaksi menyerupai ini disebut reaksi redoks.

Pada tragedi pengaratan besi, logam Fe bereaksi dengan oksigen membentuk karat besi (Fe2O3). Artinya, pada reaksi ini logam Fe mengikat oksigen biar membentuk Fe2O3. Pengaratan logam besi merupakan pola reaksi oksidasi. Berdasarkan hal tersebut, reaksi oksidasi ialah reaksi pengikatan oksigen oleh suatu zat.

Bagaimana dengan tragedi pada isolasi bijih besi menjadi logam besi? Pada tragedi ini, bijih besi melepaskan oksigen. Artinya, bijih besi kehilangan oksigen. Mengacu pada fakta ini, reaksi reduksi ialah reaksi pelepasan oksigen oleh suatu zat. Contoh lain reaksi reduksi berdasarkan konsep ini ialah sebagai berikut.

2 CuO(s) → 2 Cu(s) + O2(g)
2 PbO2(s) → 2 PbO(s) + O2(g)

Anda kini sudah mengetahui Konsep Redoks Berdasarkan Pelepasan dan Pengikatan Oksigen. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Harnanto, A. dan Ruminten. 2009. Kimia 1 : untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 194.

Referensi Lainnya :

[1] Rahayu, I. 2009. Mudah Belajar Kimia, Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p 210.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!