Home » » Pintar Pelajaran “Rahasia” Kecepatan Lari Cheetah

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran “Rahasia” Kecepatan Lari Cheetah

“Rahasia” Kecepatan Lari Cheetah - Cheetah menyerupai kendaraan beroda empat sport dengan performa tinggi pada kerajaan hewan, kemudian bahu-membahu dimanakah kunci kecepatan mereka? Ahli biologi kemudian membandingkan performa antara cheetah dan bulldog, mereka menemukan bahwa selain meningkatkan frekuensi langkah mereka, cheetah juga menghabiskan waktu kontak dengan tanah lebih banyak daripada bulldog, kemungkinan untuk melindungi anggota tubuh mereka dari patah tulang alasannya ialah tekanan yang dihasilkan pada kecepatan tinggi.

Cheetah dan bulldog sangat seolah-olah secara fisik, namun ada perbedaan yang signifikan diantara kecepatan lari kedua binatang tersebut. Bekerja sama dengan Penny Hudson dan Sandra Corr, Wilson memutuskan untuk membandingkan bagaimana cheetah dan bulldog berlari, untuk melihat apakah ada perbedaan antara gerakan mekanis kedua binatang tersebut.

Dengan memakai kamera berkecepatan tinggi, tim mencatat kecepatan lari cheetah dan bulldog yang berlari di atas trek yang telah dilapisi dengan pelat sensor.
 Cheetah menyerupai kendaraan beroda empat sport dengan performa tinggi pada kerajaan binatang Pintar Pelajaran “Rahasia” Kecepatan Lari Cheetah
Cheetah. (Foto: Jim Usherwood)
Dengan menganalisis rujukan lari dan gaya kontak dari kedua binatang tersebut, para peneliti bisa mengidentifikasi beberapa faktor biomekanik yang membantu cheetah berlari lebih cepat. Para peneliti melaporkan temuan tersebut dalam Jurnal Experimental Biology.

Selain mempunyai langkah kaki yang lebih panjang, cheetah sanggup meningkatkan jumlah langkah per detik pada ketika berakselerasi. Pada ketika berlari dengan kecepatan 9 m/detik cheetah menggunakangunakan 2,4 langkah per detik, tetapi ketika mereka melesat sampai 17,8 m/detik mereka memakai 3,2 langkah per detik. Sedangkan bulldog selalu berlari dengan 3,5 langkah per detik terlepas dari seberapa cepat mereka berlari. Anehnya, dalam penelitian ini bulldog yang dipakai mencapai kecepatan 19 m/detik dan berlari lebih cepat daripada cheetah yang digunakan. Oleh alasannya ialah cheetah yang ilmuwan gunakan berasal dari kebun binatang dan mereka tidak pernah berlari untuk mendapat makanan, para ilmuwan menduga ada kemungkinan bahwa cheetah tersebut tidak pernah berguru untuk berlari dengan benar.

Para ilmuwan berpikir bahwa kecepatan lari cheetah liar sanggup mencapai 29 m/detik dan memakai 4 langkah per detik pada kecepatan puncak mereka.

Referensi Jurnal:

Penny E. Hudson, Sandra A. Corr and Alan M. Wilson.High speed galloping in the cheetah (Acinonyx jubatus) and the racing greyhound (Canis familiaris): spatio-temporal and kinetic characteristics. J Exp Biol, 2012 215:2425-2434 DOI: 10.1242/jeb.066720

Artikel ini merupakan terjemahan dari bahan yang disediakan oleh ScienceMag (21 Juni 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!