Home » » Pintar Pelajaran Pengertian Energi Ionisasi Unsur Kimia, Nomor Atom, Satu Golongan, Periode

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Pengertian Energi Ionisasi Unsur Kimia, Nomor Atom, Satu Golongan, Periode

Pengertian Energi Ionisasi Unsur Kimia, Nomor Atom, Satu Golongan, Periode - Energi ionisasi yaitu energi yang diharapkan untuk melepaskan elektron terluar suatu atom. Energi ionisasi ini dinyatakan dalam satuan kJ mol–1.

Energi yang diharapkan untuk melepaskan elektron kedua disebut energi ionisasi kedua dan seterusnya. Bila tidak ada keterangan khusus maka yang disebut energi ionisasi yaitu energi ionisasi pertama. [1]

Dapat disimpulkan keperiodikan energi ionisasi sebagai berikut.

a. Dalam satu golongan dari atas ke bawah energi ionisasi semakin berkurang.
b. Dalam satu periode dari kiri ke kanan energi ionisasi cenderung bertambah.

Kecenderungan tersebut sanggup dijelaskan sebagai berikut.

a. Dari atas ke bawah dalam satu golongan jari-jari atom bertambah sehingga daya tarik inti terhadap elektron terluar semakin kecil. Elektron semakin gampang dilepas dan energi yang diharapkan untuk melepaskannya makin kecil.
b. Dari kiri ke kanan dalam satu periode, daya tarik inti terhadap elektron semakin besar sehingga elektron semakin sukar dilepas. Energi yang diharapkan untuk melepaskan elektron tentunya semakin besar.

 Energi ionisasi yaitu energi yang diharapkan untuk melepaskan elektron terluar suatu ato Pintar Pelajaran Pengertian Energi Ionisasi Unsur Kimia, Nomor Atom, Satu Golongan, Periode
Gambar 1. Hubungan energi ionisasi dengan nomor atom.
Ada beberapa perkecualian yang perlu diperhatikan. Golongan IIA, VA, dan VIIIA ternyata memiliki energi ionisasi yang sangat besar, bahkan lebih besar daripada energi ionisasi unsur di sebelah kanannya, yaitu IIIA dan VIA. Hal ini terjadi alasannya yaitu unsur-unsur golongan IIA, VA, dan VIIIA memiliki konfigurasi elektron yang relatif stabil, sehingga elektron sukar dilepaskan.

Tabel 1. Energi Ionisasi Pertama Unsur-unsur dalam Tabel Periodik Unsur (kJ/mol) [1]

 Energi ionisasi yaitu energi yang diharapkan untuk melepaskan elektron terluar suatu ato Pintar Pelajaran Pengertian Energi Ionisasi Unsur Kimia, Nomor Atom, Satu Golongan, Periode

Anda kini sudah mengetahui Energi Ionisasi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Utami, B. A. N. Catur Saputro, L. Mahardiani, dan S. Yamtinah, Bakti Mulyani.2009. Kimia : Untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 250.

Referensi Lainnya :

[1] Setyawati, A. A. Kimia : Mengkaji Fenomena Alam Untuk Kelas X SMA/MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 186.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!