Home » » Pintar Pelajaran Pengertian Rumus Kimia, Rumus Molekul Dan Empiris, Contoh, Perbedaan Dan Persamaan

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Pengertian Rumus Kimia, Rumus Molekul Dan Empiris, Contoh, Perbedaan Dan Persamaan

Pengertian Rumus Kimia, Rumus Molekul dan Empiris, Contoh, Perbedaan dan Persamaan - Rumus kimia zat menyatakan jenis dan jumlah relatif atom-atom yang terdapat dalam zat itu. Angka yang menyatakan jumlah atom suatu unsur dalam rumus kimia disebut angka indeks. Rumus kimia zat sanggup berupa rumus molekul atau rumus empiris.


Rumus molekul ialah rumus yang menyatakan jumlah atom-atom dari unsur-unsur yang menyusun satu molekul senyawa. Kaprikornus rumus molekul menyatakan susunan bahwasanya dari molekul zat.

Contoh rumus molekul :

a. Rumus molekul air yaitu H2O yang berarti dalam satu molekul air terdapat dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.
b. Rumus molekul glukosa C6H12O6 yang berarti dalam satu molekul glukosa terdapat 6 atom karbon, 12 atom hidrogen, dan 6 atom oksigen.


Rumus empiris ialah rumus yang menyatakan perbandingan terkecil atom-atom dari unsur-unsur yang menyusun suatu senyawa. Rumus kimia senyawa ion merupakan rumus empiris.

Contoh rumus empiris:

a. Natrium klorida merupakan senyawa ion yang terdiri atas ion Na+ dan ion Cl dengan perbandingan 1 : 1. Rumus kimia natrium klorida NaCl.
b. Kalsium klorida merupakan senyawa ion yang terdiri atas ion Ca2+ dan ion Cl dengan perbandingan 2 : 1. Rumus kimia kalsium klorida CaCl2.

Pada kondisi kamar, sebagian unsur-unsur ada yang membentuk molekul-molekul. Rumus kimia unsur-unsur semacam ini tidak digambarkan hanya dengan lambang unsurnya, melainkan unsur beserta jumlah atom yang membentuk molekul unsur tersebut.

Contoh:

a. Rumus kimia gas oksigen yaitu O2, berarti rumus kimia gas oksigen terdiri atas molekul-molekul oksigen yang dibangun oleh dua atom oksigen.
b. Rumus kimia fosfor yaitu P4, berarti rumus kimia unsur fosfor terdiri atas molekul-molekul fosfor yang tiap molekulnya dibuat dari empat buah atom fosfor.

Semua senyawa mempunyai rumus empiris. Senyawa molekul mempunyai rumus molekul selain rumus empiris. Pada banyak senyawa, rumus molekul sama dengan rumus empirisnya. Senyawa ion hanya mempunyai rumus empiris. Jadi, semua senyawa yang mempunyai rumus molekul, niscaya mempunyai rumus empiris. Namun, senyawa yang mempunyai rumus empiris, belum tentu mempunyai rumus molekul.

Contoh :

Senyawa
Rumus Molekul
Rumus Empiris
Air
H2O
H2O
Glukosa
C6H12O6
CH2O

Langkah-langkah memilih rumus empiris dan rumus molekul sebagai berikut.
 Rumus kimia zat menyatakan jenis dan jumlah relatif atom Pintar Pelajaran Pengertian Rumus Kimia, Rumus Molekul dan Empiris, Contoh, Perbedaan dan Persamaan

Keterangan:

y : massa unsur dibagi dengan Ar
x : dikalikan dengan hasil perbandingan dengan Mr rumus molekul dan Mr rumus empiris

Anda kini sudah mengetahui Rumus Kimia, Rumus Molekul dan Rumus Empiris. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi : :

Setyawati, A. A. Kimia : Mengkaji Fenomena Alam Untuk Kelas X SMA/MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 186.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!