Home » » Pintar Pelajaran Imbas Kekurangan Vitamin C Pada Ibu Hamil Terhadap Janin Dan Bayi

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Imbas Kekurangan Vitamin C Pada Ibu Hamil Terhadap Janin Dan Bayi

Dampak Kekurangan Vitamin C Pada Ibu Hamil Terhadap Janin Dan Bayi - Ibu yang mengalami defisiensi (kekurangan) vitamin C selama masa kehamilan sanggup memperlihatkan konsekuensi serius bagi otak janinnya. Parahnya lagi, kalau kerusakan otak pada janin telah terjadi, maka sesudah bayi lahir, kerusakan ini tidak sanggup diobati dengan tambahan vitamin C. Hal ini ditunjukkan melalui penelitian terbaru di University of Copenhagen yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah PLoS ONE. 

Studi populasi memperlihatkan bahwa antara 10-20 persen dari seluruh orang remaja di negara maju menderita kekurangan vitamin C. Oleh lantaran itu, perempuan hamil harus berpikir dua kali untuk meninggalkan kebiasaan meminum pil vitamin setiap hari.

“Efek kekurangan vitamin C pada ibu sanggup menghambat perkembangan hippocampus (pusat memori yang penting) pada janin. Bahkan sekitar 10-15 persen, defisiensi ini berpotensi mencegah perkembangan otak secara optimal,” kata Profesor Jens Lykkesfeldt. Dia memimpin sekelompok ilmuwan yang menghasilkan kesimpulan ini dengan mempelajari babi hamil dan anak-anaknya. Babi guinea dipilih sebagai binatang model lantaran tidak sanggup memproduksi vitamin C sendiri, sama menyerupai manusia.
Dampak Kekurangan Vitamin C Pada Ibu Hamil Terhadap Janin Dan Bayi Pintar Pelajaran Dampak Kekurangan Vitamin C Pada Ibu Hamil Terhadap Janin Dan Bayi
Ibu hamil yang kekurangan vitamin C sanggup dapat memperlihatkan konsekuensi serius bagi otak janinnya. (Foto: ALAMY)
“Kami dulu berpikir bahwa sistem badan ibu sanggup melindungi bayi. Biasanya ada transportasi selektif dari ibu ke janin untuk memenuhi kebutuhan zat selama kehamilan. Namun, kini telah diketahui bahwa transportasi ini tidaklah mencukupi pada masalah kekurangan vitamin C. Oleh lantaran itu, sangat penting untuk memperlihatkan perhatian lebih bagi duduk kasus ini lantaran berpotensi sanggup mempunyai konsekuensi serius bagi belum dewasa yang terkena dampaknya.” kata Jens Lykkesfeldt.

Kerusakan Otak Bayi Akibat Defisiensi Vitamin C Tidak Dapat Diperbaiki

Studi gres ini memperlihatkan hasil yang menyatakan bahwa kita harus lebih fokus pada gaya hidup ibu dan status gizi selama kehamilannya. Studi gres juga memperlihatkan bahwa kerusakan yang terjadi pada otak janin tidak sanggup diperbaiki, meskipun bayi ini diberikan aspuan vitamin C sesudah lahir.

Pada penelitian ini, bayi babi yang kekurangan vitamin C dibagi menjadi 2 kelompok, dimana satu kelompok diberikan tambahan vitamin C. Namun, dikala anak babi itu berusia dua bulan (pada insan dianggap sudah remaja), ternyata masih belum ada perbaikan kondisi otak pada kelompok yang telah diberikan suplemen.

Saat ini, para ilmuwan melaksanakan penelitian untuk mengetahui bagaimana terjadinya kekurangan vitamin C pada masa awal kehamilan yang hasilnya sanggup mensugesti perkembangan janin babi guinea. Hasil awal memperlihatkan bahwa pengaruh defisiensi ini sudah terjadi di awal kehamilan, alasannya yaitu janin yang diperiksa pada trimester kedua dan ketiga memperlihatkan hal tersebut. Para ilmuwan berharap dalam jangka panjang sanggup memakai studi populasi ini untuk menjelaskan duduk kasus yang serupa pada manusia.

Kelompok yang Rentan Defisiensi Vitamin C

Ada beberapa kelompok yang mungkin sangat rentan kekurangan vitamin C : “Orang dengan status ekonomi rendah yang mengkonsumsi masakan kurang gizi – dan mungkin juga perokok. Kedua kelompok ini sering menderita kekurangan vitamin C. Biasanya, belum dewasa mereka berisiko terlahir dengan potensi memori yang kurang berkembang. Anak-anak ini mungkin mengalami duduk kasus belajar, dan kalau dilihat dalam konteks sosial, mereka akan gagal dalam mengambil pelajaran dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan sebelumnya,” kata Jens Lykkesfeldt. Lykkesfeldt menekankan bahwa kalau perempuan hamil mengonsumsi masakan yang bervariasi, tidak merokok, dan mengkonsumsi tablet multi-vitamin setiap hari selama kehamilan, maka tidak akan ada alasan untuk takut kekurangan vitamin C. ”Karena hanya diperlukan sedikit upaya untuk menghindari kekurangan vitamin C, maka saya berharap bahwa politisi dan pihak berwenang akan menyadari duduk kasus ini, alasannya yaitu kalau dibiarkan sanggup menjadi duduk kasus potensial,” kata Jens Lykkesfeldt menyimpulkan.

Referensi Jurnal :

Pernille Tveden-Nyborg, Lucile Vogt, Janne G. Schjoldager, Natalie Jeannet, Stine Hasselholt, Maya D. Paidi, Stephan Christen, Jens Lykkesfeldt. Maternal Vitamin C Deficiency during Pregnancy Persistently Impairs Hippocampal Neurogenesis in Offspring of Guinea Pigs. PLoS ONE, 2012; 7 (10): e48488 DOI: 10.1371/journal.pone.0048488

Artikel ini merupakan terjemahan dari materi yang disediakan oleh University of Copenhagen via Science Daily (16 November 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!