Home » » Pintar Pelajaran Yuk, Makan Pisang Sebelum Olahraga! Keuntungannya Sama Dengan Minuman Olahraga

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Yuk, Makan Pisang Sebelum Olahraga! Keuntungannya Sama Dengan Minuman Olahraga

Yuk, Makan Pisang Sebelum Olahraga! Manfaatnya Sama Dengan Minuman Olahraga - Seperti kita ketahui pisang merupakan buah favorit sebagai sumber energi bagi atlet pada olahraga yang membutuhkan ketahanan fisik. Pisang kaya akan kalium dan nutrisi lainnya, selain itu pisang juga gampang untuk dibawa kemana-mana bagi atlet sepeda, pelari, maupun pejalan kaki.

Penelitian yang dilakukan di Appalachian State University’s Human Performance Lab di Kannapolis-based North Carolina Research Campus (NCRC) telah berhasil mengungkap manfaat komplemen dari buah pisang.

“Kami ingin mengamati manfaat pisang pada atlet yang bersepeda secara intens, mana yang lebih bermanfaat antara makan pisang ataukah minuman olahraga ber-karbohidrat,” kata Dr. David C. Nieman, Direktur laboratorium Human Performance dan anggota dari fakultas College of Health Sciences di Appalachian.

“Kami menemukan bahwa bukan hanya kinerjanya yang sama antara pisang dan minuman olahraga, namun ada beberapa keuntungan dikala mengkonsumsi pisang,” katanya.
 Manfaatnya Sama Dengan Minuman Olahraga  Pintar Pelajaran Yuk, Makan Pisang Sebelum Olahraga! Manfaatnya Sama Dengan Minuman Olahraga
Buah pisang menyediakan antioksidan yang tidak ditemukan dalam minuman olahraga, serta pemenuhan kebutuhan gizi yang lebih besar, termasuk serat, kalium dan vitamin B6 (Foto: biluca.wordpress.com)
Hasil penelitian menandakan bahwa pisang menyediakan antioksidan yang tidak ditemukan dalam minuman olahraga, serta pemenuhan kebutuhan gizi yang lebih besar, termasuk serat, kalium dan vitamin B6. Selain itu, pisang mempunyai perpaduan gula yang sehat daripada minuman olahraga.

Studi ini dibiayai oleh Dole Foods, telah diterbitkan dalam jurnal peer-review secara online PLoS ONE diterbitkan oleh Public Library of Science nirlaba.

Pada penelitian ini, atlet balap sepeda mengkonsumsi secangkir minuman karbohidrat atau setengah buah pisang setiap 15 menit selama simulasi balap sepeda 75 kilometer, yang berlangsung 2,5 hingga 3 jam. Selanjutnya dilakukan pengambilan sampel darah dari atlet tersebut sebelum dan setelah latihan. Lebih dari 100 metabolit (molekul yang bekerjasama dengan metabolisme) dianalisis di Laboratorium Metabolomik NCRC.

“Pisang secara alami sudah dikemas dengan serat, nutrisi dan antioksidan,” kata Nieman.

“Jenis olahraga bukan masalah, saya pikir ada banyak atlet yang tidak suka minum minuman olahraga berkarbohidrat, yang intinya ialah air gula dengan banyak sekali macam rasa,” katanya. “Penelitian mengatakan bahwa Anda sanggup mempunyai sumber karbohidrat yang sehat sebelum dan setelah latihan, yang akan mendukung kinerja atletik sama baik dengan minuman olahraga,” kata Nieman.

Anggota lainnya dari tim peneliti dari Appalachian ialah Dr. Dru Henson, Department of Biology; Dr. Andrew Shanely, Human Performance Lab; Dr. Amy M. Knab, Human Performance Lab; Dr. Lynn Cialdella-Kam, Human Performance Lab; Dr. Nicholas D. Gillitt, Dole Nutrition Research Laboratory, N.C. Research Campus; Dr. Wei Sha, UNC Charlotte and N.C. Research Campus; and Dr. Fuxia Jin, Dole Nutrition Research Laboratory, N.C. Research Campus.

Referensi Jurnal :

David C. Nieman, Nicholas D. Gillitt, Dru A. Henson, Wei Sha, R. Andrew Shanely, Amy M. Knab, Lynn Cialdella-Kam, Fuxia Jin. Bananas as an Energy Source during Exercise: A Metabolomics Approach. PLoS ONE, 2012; 7 (5): e37479 DOI: 10.1371/journal.pone.0037479.

Artikel ini merupakan terjemahan dari goresan pena ulang menurut bahan yang disediakan oleh Appalachian State University, via  Newswise dan Science Daily. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!