Home » » Pintar Pelajaran Bunyi Paus Beluga Seolah-Olah Manusia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Bunyi Paus Beluga Seolah-Olah Manusia

Paus Beluga Mengeluarkan Suara Mirip Manusia - Peneliti di AS terkejut ketika menemukan seekor paus beluga mengeluarkan bunyi menyerupai manusia. Temuan ini mengejutkan alasannya yaitu selama ini hanya lumba-lumba yang bisa menjiplak pola dan durasi bunyi manusia, dan belum ada binatang yang secara impulsif bisa menjiplak bunyi manusia.

Namun, peneliti mendengar paus beluga berusia sembilan tahun berjulukan NOC mengeluarkan bunyi beberapa oktaf di bawah normal, dalam sebuah rekaman pendek.

Paus beluga, selama ini dikenal sebagai ”kenari laut” alasannya yaitu mengeluarkan nada yang tinggi ketika “berceletuk”. Ada sejumlah laporan yang menyebutkan bahwa, paus mengeluarkan bunyi menyerupai manusia, tetapi gres kali ini yang berhasil terekam. Para peneliti menggambarkan bagaimana NOC melaksanakan hal itu di jurnal Current Biology.
Paus Beluga Mengeluarkan Suara Mirip Manusia Pintar Pelajaran Suara Paus Beluga Mirip Manusia
Paus beluga, selama ini dikenal sebagai ”kenari laut” alasannya yaitu mengeluarkan nada yang tinggi ketika berceletuk. (Credit: SPL)
Cara yang dilakukan NOC, si paus putih ini, untuk mengeluarkan bunyi menyerupai insan masih menjadi misteri yang harus diungkapkan.

‘Pelajaran vokal’

Kisah paus beluga yang mengeluarkan bunyi menyerupai insan ini terungkap ketika seorang penyelam dari National Marine Mammal Foundation di California kembali ke permukaan dan berkata, “Siapa yang menyampaikan kepada saya untuk keluar?”

Ternyata bunyi itu dikeluarkan oleh NOC, yang kemudian pribadi direkam oleh para peneliti.

Mereka menemukan bahwa NOC mengeluarkan pancaran vokal sebanyak rata-rata sekitar tiga kali per detik, dengan jeda yang mengingatkan pada bunyi manusia. Analisa rekaman menyampaikan bahwa frekuensi bunyi NOC menyebar menjadi ”harmoni” dalam skala yang sangat tidak menyerupai dengan vokalisasi paus normal dan lebih menyerupai manusia.

Para peneliti kemudian meminta NOC untuk kembali bersuara dan memasang sebuah alat pengukur di rongga hidungnya, kawasan dimana bunyi dikeluarkan, untuk mengamati apa yang terjadi. Mereka menemukan bahwa NOC bisa mengubah tekanan bunyi dengan cepat melalui rongga hidung untuk membuat suara.

Untuk memperkeras frekuensi rendah dari vokalisasinya, NOC memberi tekanan lebih pada apa yang dikenal sebagai kantung vestibular yang terletak di bab lubang semburnya. Lubang ini biasanya berfungsi untuk menghentikan air masuk ke dalam paru-paru.

Singkatnya, menirukan bunyi insan tidak gampang bagi NOC.

“Pengamatan kami menyampaikan bahwa paus harus memodifikasi mesin vokalnya untuk membuat bunyi menyerupai manusia,” kata Sam Ridgway, presiden National Marine Mammal Foundation.

“Suara yang kami dengar terang merupakan sebuah referensi pembelajaran vokal yang dipelajari oleh paus putih.” tambah Ridgway.

Referensi Jurnal :

Sam Ridgway, Donald Carder, Michelle Jeffries and Mark Todd. 2012. Spontaneous human speech mimicry by a cetacean. Current Biology, Volume 22, Issue 20, R860-R861, 23 October 2012. doi: 10.1016/j.cub.2012.08.044

Artikel ini merupakan terjemahan dari bahan yang disediakan oleh BBC (22 Oktober 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!