Home » » Pintar Pelajaran Khasiat Memakan Buah Apel Setiap Hari

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Khasiat Memakan Buah Apel Setiap Hari

Khasiat Memakan Buah Apel Setiap Hari - Setiap orang tentunya pernah mendengar pepatah usang yang menyampaikan bahwa “memakan sebutir apel setiap hari akan menjauhkan kita dari dokter”. Namun, kita juga tentu mengetahui bahwa bukan hanya apel yang harus kita konsumsi, masih banyak buah-buahan yang tentunya memperlihatkan manfaat bagi kita. Pertanyaanya, mengapa apel begitu istimewa? Manfaat istimewa menyerupai apa yang kita dapatkan dari mengkonsumsi apel?

Menurut Dr. Bahram H. Arjmandi, PhD, RD, Margaret A. Sitton, Professor dan kepala Department of Nutrition, Food and Exercise Sciences di The Florida State University, selain kaya serat, apel benar-benar merupakan “buah ajaib” dengan bermacam-macam manfaat. Penelitian memakai binatang sebagai model telah memperlihatkan bahwa petin dan polifenol pada apel sanggup meningkatkan metabolisme lemak dan menurunkan produksi molekul pro-inflamasi atau peradangan.

Salah satu penelitian mengenai manfaat buah apel telah dilakukan oleh Arjmandi. Studinya bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kardioprotektif jangka panjang dari konsumsi harian apel pada perempuan pasca menopause.
 Setiap orang tentunya pernah mendengar pepatah usang yang menyampaikan bahwa  Pintar Pelajaran Khasiat Memakan Buah Apel Setiap Hari
Buah apel. ((Credit: © Edyta Pawlowska / Fotolia)
Penelitian ini dibiayai oleh USDA dan akan dipresentasikan pada Experimental Biology 2011 di Washington, DC. (12 April 2011).

Penelitian ini dilakukan secara acak pada 160 perempuan berusia antara 45-65 tahun. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok diberi konsumsi apel (75 gram) setiap hari selama setahun, sedangkan kelompok lain diberi konsumsi buah plum (purne.prem). Buah plum yaitu buah berbiji keras yang sedikit menyerupai anggur dengan daging buah yang tebal. Rasanya anggun bercampur asam dan mengandung banyak air. Umumnya buah plum di Asia mempunyai warna hijau kekuningan, sementara buah plum di Eropa yang berwarna keunguan.

Selanjutnya, dilakukan pengambilan sampel darah pada bulan ke-3, 6, dan 12. Hasilnya sangat mengejutkan Dr. Arjmandi. Dia menyampaikan bahwa telah terjadi perubahan yang luar biasa pada perempuan yang mengkonsumsi apel dimana pada bulan ke-6 telah terjadi penurunan kolestrol LDL, atau dikenal sebagai kolestrol jahat sebesar 23 %. Konsumsi apel harian juga mengakibatkan terjadi penurunan tingkat hidroperoksida lipid dan protein C-reaktif.

“Saya tidak mengira bila konsumsi apel sanggup mengurangi kolesterol jahat sebanyak itu, bahkan konsumsi apel juga sanggup meningkatkan kolestrol HDL atau kolesterol baik sebesar 4 %. Keuntungan lainnya yaitu bahwa perhiasan 240 kalori per hari dari apel yang dikonsumsi ternyata tidak mengakibatkan kenaikan berat tubuh pada wanita, bahkan mereka rata-rata mendapat pengurangan berat tubuh sebanyak 3,3 lbs (1 lbs = 0,454 kg). Penurunan berat tubuh ini merupakan manfaat perhiasan dari asupan buah apel harian. Penyebab terjadinya penurunan berat tubuh yaitu pektin yang terdapat di buah apel mempunyai pengaruh mengenyangkan sehingga mengurangi nafsu makan. Langkah selanjutnya untuk mengkonfirmasi hasil studi ini yaitu melaksanakan studi multi-investigator skala nasional.” Kata Arjmandi.

Ada beberapa kebenaran mengenai ungkapan atau pepatah lama, dan pada masalah “konsumsi apel setiap hari” Dr. Arjmandi telah memperlihatkan bahwa ungkapan atau pepatah sanggup menjadi landasan bagi ilmu gizi. Semua orang sanggup memperoleh laba dari mengkonsumsi apel.” Tambahnya.

Referensi Jurnal :

Sheau C Chai, Shirin Hooshmand, Raz L Saadat and Bahram H Arjmandi. 2011. Daily apple consumption promotes cardiovascular health in postmenopausal women. he FASEB Journal, 25:971.10.

Artikel ini merupakan terjemahan dari materi yang disediakan oleh Federation of American Societies for Experimental Biology, via EurekAlert! dan Science Daily (3 Mei 2011). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!