Home » » Pintar Pelajaran Kuman Penghasil Emas Titisan Raja Midas

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kuman Penghasil Emas Titisan Raja Midas

Bakteri Penghasil Emas Titisan Raja Midas - Pada ketika harga emas semakin tinggi, peneliti dari Michigan State University telah menemukan kemampuan dari sebuah basil untuk menahan tingkat toksisitas yang luar biasa. Kemampuan ini merupakan kunci untuk membuat 24-karat emas.

“Kita sedang melaksanakan Microbial alchemy, mengubah emas dari sesuatu yang tidak mempunyai nilai menjadi logam padat mulia yang berharga,” kata Kazem Kashefi, seorang tangan kanan profesor mikrobiologi dan genetika molekuler.

Dia dan Adam Brown, seorang profesor di bidang seni elektronik dan intermedia, menemukan sebuah basil berjulukan Cupriavidus metallidurans yang bersifat toleran terhadap logam dan sanggup tumbuh pada konsentrasi gold chloride / klorida emas (emas cair, suatu senyawa kimia beracun yang ditemukan di alam) yang tinggi.
Bakteri Penghasil Emas Titisan Raja Midas Pintar Pelajaran Bakteri Penghasil Emas Titisan Raja Midas
Sebuah bioreaktor yang memakai basil untuk mengubah emas cair menjadi emas 24 karat. (Credit: Photo by G.L. Kohuth)
Bahkan, basil ini setidaknya 25 kali lebih berpengaruh dari yang diperkirakan sebelumnya oleh para ilmuwan. Instalasi yang dibangun para ilmuwan untuk proyek ini diberi nama “The Great Work of the Metal Lover “. Instalasi yang mereka berdiri memakai kombinasi bioteknologi, seni dan kimia untuk mengubah emas cair menjadi emas 24-karat. Karya seni ini berupa laboratorium portabel yang terbuat dari peralatan yang berlapis emas 24 karat, bioreaktor beling dan bakteri.

Brown dan Kashefi memberi “makan” basil tersebut dengan klorida emas pada konsentrasi yang belum pernah diberikan sebelumnya, mereka menggandakan proses yang mereka yakini terjadi di alam. Pada kurun waktu sekitar satu minggu, basil tersebut mengubah racun dan menghasilkan emas murni.

“”The Great Work of the Metal Lover” memakai sistem kehidupan sebagai kendaraan untuk eksplorasi artistik, kata Brown.
Bakteri Penghasil Emas Titisan Raja Midas Pintar Pelajaran Bakteri Penghasil Emas Titisan Raja Midas
“The Great Work of the Metal Lover”. (Credit: Photo by G.L. Kohuth)
Selain itu, bioreaktor ini juga dilengkapi juga dengan scanning electron microscope (SEM) untuk menampilkan emas yang terbentuk pada isolat bakteri.

“Ini yakni sebuah neo-alchemy. Setiap bagian, setiap detail dari proyek ini yakni persilangan antara mikrobiologi modern dan kimia,” kata Brown. “Ilmu pengetahuan mencoba menjelaskan mengenai fenomena yang ada di dunia. Sebagai seniman, aku mencoba untuk membuat sebuah fenomena. Seni mempunyai kemampuan untuk mendorong penyelidikan ilmiah.”
Bakteri Penghasil Emas Titisan Raja Midas Pintar Pelajaran Bakteri Penghasil Emas Titisan Raja Midas
Emas yang sedang diproduksi di dalam bioreaktor. (Credit: Photo by G.L. Kohuth)
Akan sangat mahal untuk memakai percobaan mereka pada skala yang lebih besar, katanya. Tetapi keberhasilan para peneliti membuat emas menjadikan pertanyaan mengenai dampaknya terhadap ketamakan, ekonomi dan lingkungan.

Seni mempunyai kemampuan untuk menilik dan mempertanyakan dampak dari ilmu pengetahuan terhadap dunia, dan ‘The Great Work of the Metal Lover’ bisa membuat ilmu biologi menjadi sesuatu yang artistik,” kata Brown.

Artikel ini merupakan terjemahan dari bahan yang disediakan oleh Michigan State University, via Science Daily (2 Oktober 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!