Home » » Pintar Pelajaran Sejarah Kebangkitan Bangsa Jepang, Latar Belakang, Tujuan, Akibat

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Sejarah Kebangkitan Bangsa Jepang, Latar Belakang, Tujuan, Akibat

Artikel dan Makalah wacana Sejarah Kebangkitan Bangsa Jepang, Latar Belakang, Tujuan, Akibat - Sebelum masuknya bangsa asing, Jepang menerapkan politik isolasi yang berlangsung semenjak pemerintahan Shogun Tokugawa pada kurun ke-17. Tujuannya yaitu untuk menghindari dampak dari dunia luar, dan takut dengan masuknya pedagang-pedagang ajaib akan membawa serta imperialisme. Akibatnya Jepang tertinggal dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan bagi bangsa barat, Jepang sangat strategis sebagai daerah untuk transit dan daerah pemasaran barang-barang hasil produksi. Pada tahun 1846 Amerika Serikat, oleh Komodor Biddle pernah mencoba membuka perdagangan dengan Jepang, tetapi gagal. Kemudian pada tahun 1853 Komodor Matthew Perry tiba dengan membawa pasukan mengancam kepada Jepang untuk membuka pelabuhannya untuk bangsa asing. Pemerintah Jepang meminta waktu satu tahun untuk berunding. (Baca juga : Akibat Kebangkitan Bangsa Asia dan Afrika)

Pada tahun 1854, Perry tiba kembali dengan 7 buah kapalnya dan berhasil memaksa Jepang untuk menandatangani Perjanjian Shimoda (30 Maret 1854) yang menetapkan pembukaan pelabuhan Shimoda dan Hakodate untuk bangsa asing. Akibat bencana ini di Jepang muncul kelompok-kelompok anti-Shogun yang menganggap golongan Shogun lemah alasannya berani menjual tanah airya kepada bangsa asing. Kelompok anti Shogun yang terdiri dari para daimyo dan memihak kepada Tenno, menolak ikut menandatangani perjanjian itu. Pada tahun 1863 terjadi kerusuhan di Selat Shimonoseki. Untuk menumpas kerusuhan ini maka Inggris, Prancis, Belanda, dan Amerika bergabung dan menyerbu Shimonoseki sampai sanggup dihancurkan.

Akibat kekalahan itu, Jepang mulai sadar akan ketertinggalannya, bahwa mereka tidak sanggup menolak bangsa ajaib yang mempunyai senjata lebih modern. Di lain sisi, kontradiksi antara Tenno dengan Shogun semakin meningkat dan menjurus pada perang saudara. Untuk menghindari perang di antara orang Jepang sendiri, kesudahannya pemerintahan Shogun Yosinobu menyerahkan kekuasannya pada 19 November 1867.

1. Restorasi Meiji di Jepang, Sejarah, Latar Belakang, Akibat


Anda kini sudah mengetahui Kebangkitan Bangsa Jepang. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!