Home » » Pintar Pelajaran Sifat-Sifat Sinar Alfa, Beta, Dan Gamma, Partikel, Radioaktif, Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Sifat-Sifat Sinar Alfa, Beta, Dan Gamma, Partikel, Radioaktif, Kimia

Sifat-sifat Sinar Alfa, Beta, dan Gamma, Partikel, Radioaktif, Kimia - Adapun sifat-sifat dari sinar alfa (α), beta (β), dan gamma (γ) ialah sebagai berikut.

1. Sinar Alfa (α)

Radiasi ini terdiri dari seberkas sinar partikel alfa. Radiasi alfa terdiri dari partikel-partikel yang bermuatan aktual dengan muatan +2 dan massa atomnya 4. Partikel ini dianggap sebagai inti helium alasannya ialah ibarat dengan inti atom helium (). Sewaktu menembus zat, sinar α menghasilkan sejumlah besar ion. Oleh alasannya ialah bermuatan aktual partikel α dibelokkan oleh medan magnet maupun medan listrik. Partikel α mempunyai daya tembus yang rendah.

Partikel-partikel alfa bergerak dengan kecepatan antara 2.000 – 20.000 mil per detik, atau 1 – 10 persen kecepatan cahaya. Produksi partikel α oleh inti radioaktif sanggup digambarkan oleh suatu persamaan inti, dengan reaksi ibarat berikut.

2. Sinar Beta (β)

Berkas sinar β terdiri dari partikel-partikel yang bermuatan negatif dan partikel β identik dengan elektron. Sinar beta mempunyai daya tembus yang lebih besar tetapi daya pengionnya lebih kecil dibandingkan sinar α. Berkas ini sanggup menembus kertas aluminium setebal 2 sampai 3 mm. Partikel beta juga dibelokkan oleh medan listrik dan medan magnet, tetapi arahnya berlawanan dari partikel alfa. Selain itu partikel β mengalami pembelokan yang lebih besar dibandingkan partikel α dalam medan listrik maupun dalam medan magnet. Hal itu terjadi alasannya ialah partikel β mempunyai massa yang jauh lebih ringan dibandingkan partikel α. Produksi partikel β oleh inti radioaktif sanggup digambarkan oleh suatu persamaan inti dengan reaksi ibarat berikut.

3. Sinar Gamma (γ)

Beberapa proses peluruhan radioaktif yang memancarkan partikel α atau β menimbulkan inti berada dalam keadaan energetik, sehingga inti selanjutnya kehilangan energi dalam bentuk radiasi elektromagnetik yaitu sinar gamma (γ). Sinar γ mempunyai daya tembus besar dan berkas sinar ini tidak dibelokkan oleh medan listrik maupun medan magnet. Sinar γ mempunyai panjang gelombang yang sangat pendek.
 Radiasi ini terdiri dari seberkas sinar partikel alfa Pintar Pelajaran Sifat-sifat Sinar Alfa, Beta, dan Gamma, Partikel, Radioaktif, Kimia
Gambar 1. Daya Tembus Sinar Radioaktif. (Ilmu Pengetahuan Populer)
Anda kini sudah mengetahui Sifat-sifat Sinar Alfa, Beta, dan Gamma. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!