Home » » Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Unsur Golongan Ia, 1A, Alkali, Senyawa Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Unsur Golongan Ia, 1A, Alkali, Senyawa Kimia

Kegunaan, Manfaat Unsur Golongan IA, 1A, Alkali, Senyawa Kimia - Penggunaan unsur kimia dari golongan 1A dan senyawanya ialah sebagai berikut :

a. Unsur Natrium

Natrium mempunyai kemampuan daya gabung terhadap oksigen besar, sehingga sangat gampang terbakar di udara. Oleh alasannya ialah itu, Na disimpan dalam minyak tanah atau dalam parafin cair. Natrium terbakar dengan nyala kuning. Natrium banyak digunakan untuk pembuatan lampu-lampu natrium dan pembuatan senyawa-senyawa organik.

b. Senyawa Natrium Hidroksida

Natrium hidroksida (NaOH), disebut juga soda api atau soda kaustik. NaOH ialah suatu basa yang sangat kuat; larut dengan baik dalam air dengan menimbulkan kalor (larutannya dinamakan lindi natron); mengikat CO2 dari udara dan berubah menjadi Na2CO3. Soda api digunakan dalam menciptakan "sabun keras", membersihkan minyak tanah, dan dalam industri.

c. Senyawa Natrium Klorida

Natrium klorida (NaCl) penting sebagai materi makanan, dan pengawet sayur, daging, telur, dan ikan. Penambahan NaCl dalam air es digunakan sebagai pendingin dalam pembuatan majemuk es, misal es puter, es lilin, dan es krim. Dalam industri, NaCl digunakan sebagai sumber unsur Na dan Cl, dan sebagai materi pembuatan senyawan-senyawa lain yang mengandung Na atau Cl, menyerupai asam klorida, dan soda. NaCl dalam industri keramik digunakan sebagai adonan materi glasir.

d. Senyawa Natrium Karbonat

Natrium karbonat (soda) gampang larut dalam air, dan larutannya bersifat basa. Berdasarkan sifat inilah maka soda digunakan sebagai zat pencuci. Soda digunakan dalam perusahaan pembersihan untuk menghilangkan noda minyak. Soda juga digunakan dalam industri kaca, dan untuk melunakkan air sadah.

e. Senyawa Natrium Hidrogen Karbonat

Natrium hidrogen karbonat digunakan dalam alat pemadam api. Alat ini diisi dengan larutan NaHCO3 dicampur dengan saponin, suatu zat sanggup berbuih. Fungsi lain NaHCO3 adalah untuk menghilangkan bacin tengik dari mentega; menyebarkan kue; menghilangkan lemak dan lilin dalam pembersihan bulu domba; serta menghilangkan gom dari sutra.

f. Senyawa Natrium Nitrat atau Sendawa Chili

Natrium nitrat digunakan sebagai pupuk buatan dan pembuatan asam sendawa.

g. Senyawa Kalium Nitrat

Kalium nitrat berupa hablur-hablur putih, tidak higroskopik. Senyawa ini digunakan sebagai pengawet daging dan dalam pembuatan mesiu.

h. Senyawa Kalium Iodida dan Kalium Bromida

Kedua garam tersebut terdapat dalam jumlah sedikit di alam (dalam air laut). Keduanya digunakan dalam obat-obatan. KI mempunyai sifat membersihkan darah, sedangkan KBr sanggup menenangkan saraf (obat tidur). KBr juga digunakan dalam pemotretan.

i. Senyawa Kalium Klorat dan Kalium Hidroksida

Senyawa kalium klorat tidak begitu gampang larut dalam air, merupakan oksidator kuat, lebih-lebih dengan katalis MnO2. Kalium klorat digunakan dalam pembuatan korek api, pembuatan petasan, dan sebagai obat kumur. Adapun kalium hidroksida (KOH) digunakan dalam pembuatan sabun mandi.

j. Unsur Litium

Senyawa yang paling penting dari unsur litium ialah senyawa klorida, sulfat, dan karbonat. Litium karbonat digunakan dalam pembuatan peralatan gelas dan keramik. Pada kemurnian yang tinggi senyawa ini digunakan dalam pengobatan pada kerusakan mental tertentu. Senyawa ini juga berfungsi sebagai materi dalam pembuatan senyawa litium lainnya, misal pada pembuatan litium hidroksida.

Beberapa kegunaan senyawa alkali dijabarkan dalam Tabel 1. [1]

Sifat
Kegunaan
Li2CO3
Produksi aluminium
Pembuatan LiOH
LiOH
Pabrik sabun litium untuk pelumas
LiH
Pereduksi pada sintetis organik
Pembuatan antihistamin dan obat-obatan
NaCl
Sumber Na dan NaCl

Bumbu, dan penyedap kuliner

Pabrik sabun (mengendapkan sabun dari adonan reaksi)
NaOH
Industri pulp dan kertas

Ekstraksi oksida aluminium

Pabrik rayon viskosa
Na2CO3
Pemurnian minyak bumi

Pabrik sabun

Pabrik gelas

Digunakan dalam detergen dan softener
Na2O2
Pemutih tekstil
NaNH2
Pembuatan celupan indigo untuk blue jeans denim
KCl
Pupuk
KOH
Pabrik sabun lunak
K2CO3
Pabrik gelas
KNO3
Pupuk dan materi peledak

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Unsur Golongan IA. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

Referensi  Lainnya :

[1] Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!