Home » » Pintar Pelajaran Cara, Proses Pembuatan Karbon, Senyawa, Unsur Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Cara, Proses Pembuatan Karbon, Senyawa, Unsur Kimia

Cara, Proses Pembuatan Karbon, Senyawa, Unsur Kimia - Tahukah anda bahwa grafit (arang) dan intan sama-sama tersusun dari atom-atom karbon? Dapatkan grafit diubah menjadi intan? Grafit dan intan tersusun dari unsur-unsur yang sama tetapi mempunyai struktur (bentuk) yang berbeda. Peristiwa ibarat ini disebut alotrop. Karbon di dalam kulit bumi tertama sebagai karbonat contohnya dalam CaCO3, CO2, dan banyak sekali senyawa organik. Selain sebagai senyawa, karbon di alam juga terdapat sebagai unsur bebas yaitu dalam bentuk grafit arang dan intan. Pada grafit setiap atom C terikat oleh tiga atom C yang lain membentuk susunan heksagonal.

Oleh lantaran elektron-elektron dalam atom karbon pada grafit terikat agak lemah oleh inti atom, maka elektron sanggup mengalir dari satu atom ke atom lainnya sehingga grafit sanggup menghantarkan listrik. Itulah sebabnya grafit banyak dipakai sebagai elektroda pada kerikil baterai dan sel elektrolisis. Selain sanggup menghantarkan listrik, grafit juga bersifat licin, maka dipakai untuk materi pelumas. Campuran grafit dan tanah dipakai untuk menciptakan pensil. Oleh lantaran ikatan antaratom karbon dalam grafit sangat kuat, maka grafit dipakai dalam pembuatan komposit yang ringan tetapi berpengaruh untuk menciptakan raket.
unsur yang sama tetapi mempunyai struktur  Pintar Pelajaran Cara, Proses Pembuatan Karbon, Senyawa, Unsur Kimia
Gambar 1. (a) Struktur grafit berbentuk lapisan (b) Struktur intan.
Karbon yang terbentuk dari pembakaran kayu dan materi organik lainnya disebut arang. Bila arang dipanaskan pada suhu 800 °C menjadi arang aktif (karbon aktif) yang dipakai dalam pemutihan gula, penjernihan air dan obat sakit perut lantaran kemampuannya untuk menyerap (mengabsorbsi) banyak sekali zat. Sedangkan karbon yang dihasilkan dari pembakaran hidrokarbon disebut karbon black dipakai dalam vulkanisasi karet pada industri ban dan sebagai pigmen (zat warna) hitam dalam cat, tinta kertas, dan sebagainya.

Karbon yang sangat keras (lebih keras dari logam) dan berkilau yakni intan. Pada intan setiap atom C terikat oleh 4 atom C yang lain yang membentuk struktur tetrahedron. Struktur tetrahedron ini terus berlanjut sampai membentuk jaringan yang sangat berpengaruh (keras). Karena intan alam berkilau maka dipakai untuk perhiasan. Dengan teknologi canggih grafit sanggup diubah menjadi intan sintetik pada suhu dan tekanan yang sangat tinggi. Karena sifatnya yang keras maka intan sintetik dipakai untuk alat pemotong beling dan mata bor.

Anda kini sudah mengetahui Pembuatan Karbon. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Pangajuanto, T. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!