Home » » Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop Untuk Analisis Kesetimbangan Kimia, Radiasi

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop Untuk Analisis Kesetimbangan Kimia, Radiasi

Kegunaan, Manfaat Radioisotop untuk Analisis Kesetimbangan Kimia, Radiasi - Radiasi dari peluruhan unsur radioaktif sanggup mempengaruhi benda dan makhluk hidup. Partikel alfa, beta, dan gamma sanggup menembus ke dalam materi dan bisa mengionisasi atom atau molekul (lihat Gambar 1). Hal ini sanggup memengaruhi organ badan dan bersifat destruktif. Namun demikian, dengan pengetahuan yang memadai, radiasi dari unsur radioaktif sanggup dimanfaatkan oleh manusia, terutama dalam bidang kedokteran, pertanian, dan industri.
Manfaat Radioisotop untuk Analisis Kesetimbangan Kimia Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop untuk Analisis Kesetimbangan Kimia, Radiasi
Gambar 1. Daya penetrasi sinar α, β, dan γ terhadap badan manusia.
1. Manfaat dalam Analisis Kimia

Perunut radioaktif ialah isotop radioaktif yang ditambahkan ke dalam materi kimia atau makhluk hidup guna mempelajari sistem. Keuntungan perunut radioaktif yaitu isotop berperilaku sebagaimana isotop nonradioaktif, tetapi sanggup dideteksi dalam jumlah sangat sedikit melalui pengukuran radiasi yang diemisikannya.

a. Analisis Kesetimbangan Kimia

Tinjau kesetimbangan timbal (II) iodida padat dan larutan jenuhnya yang mengandung Pb2+ aq) dan I aq). Persamaannya:

PbI2(s)  Pb2+(aq) + 2I(aq)

Ke dalam tabung yang berisi PbI2 padat nonradioaktif tambahkan larutan yang berisi ion iodida radioaktif sampai jenuh. Kocok adonan dan biarkan beberapa lama.

Saring adonan dan keringkan endapan yang tersaring. Jika dianalisis maka dalam padatan PbI2 akan terdapat PbI2 yang radioaktif. Hal ini mengatakan bahwa dalam larutan jenuh terdapat keadaan setimbang dinamis antara padatan dan ion-ionnya.




Anda kini sudah mengetahui Manfaat Radioisotop untuk Analisis Kesetimbangan Kimia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!