Home » » Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop Untuk Mengamati Prosedur Fotosintesis, Radiasi, Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop Untuk Mengamati Prosedur Fotosintesis, Radiasi, Kimia

Kegunaan, Manfaat Radioisotop untuk Mengamati Mekanisme Fotosintesis, Radiasi, Kimia - Percobaan memakai perunut telah dilakukan semenjak tahun 1950 oleh Melvin Calvin dari Universitas Berkeley untuk memilih prosedur fotosintesis tanaman. Proses keseluruhan fotosintesis melibatkan reaksi CO2 dan H2O untuk menghasilkan glukosa dan O2.


Sinar Matahari

6CO2(g) + 6H2O(l)
C6H12O6(aq) + 6O2(g)

Dalam percobaannya, gas CO2 yang mengandung lebih isotop 14C radioaktif diterpakan kepada tumbuhan alga selama satu hari. Selanjutnya, alga diekstrak dengan alkohol dan air. Senyawa terekstrak dipisahkan dengan kromatografi, selanjutnya diidentifikasi.
Manfaat Radioisotop untuk Mengamati Mekanisme Fotosintesis Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop untuk Mengamati Mekanisme Fotosintesis, Radiasi, Kimia
Gambar 1. Pencacah Geiger Partikel radiasi masuk melalui jendela dan melewati gas argon. Energi dari partikel mengionisasi molekul gas menghasilkan ion kasatmata dan elektron yang dipercepat oleh elektrode. Elektron yang bergerak lebih cepat, menumbuk logam anode dan menyebabkan pulsa arus. Pulsa arus selanjutnya dicacah.
Senyawa yang mengandung 14C radioaktif terdapat dalam zat antara yang dibuat selama fotosintesis. Berdasarkan analisis terhadap isotop 14C, Calvin mengajukan prosedur atau tahap-tahap reaksi dalam fotosintesis.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Radioisotop untuk Mengamati Mekanisme Fotosintesis. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!