Home » » Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop Untuk Analisis Aktivasi Neutron, Radiasi, Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop Untuk Analisis Aktivasi Neutron, Radiasi, Kimia

Kegunaan, Manfaat Radioisotop untuk Analisis Aktivasi Neutron, Radiasi, Kimia - Analisis aktivasi neutron yaitu analisis unsur-unsur dalam sampel yang didasarkan pada pengubahan isotop stabil oleh isotop radioaktif melalui pemboman sampel oleh neutron. Untuk mengidentifikasi apakah seseorang itu mati masuk akal atau diracun sanggup dianalisis menurut runutan unsur dalam rambut. Ini sanggup dilakukan dengan cara memilih jumlah dan posisi unsur dalam rambut secara saksama sehingga sanggup diketahui penyebab simpulan hidup orang itu.

Analisis terhadap rambut sanggup dilakukan untuk memilih zat beracun yang terdapat dalam rambut, contohnya arsen (As). Jika isotop 75As dibombardir dengan neutron, inti metastabil dari 75Asm akan diperoleh :
Manfaat Radioisotop untuk Analisis Aktivasi Neutron Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop untuk Analisis Aktivasi Neutron, Radiasi, Kimia
Inti metastabil berada pada keadaan tereksitasi, dan meluruh disertai emisi gamma. Frekuensi sinar gamma yang diemisikan khas untuk setiap unsur. Selain itu, intensitas sinar gamma sebanding dengan jumlah unsur yang ada dalam sampel rambut.
Manfaat Radioisotop untuk Analisis Aktivasi Neutron Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop untuk Analisis Aktivasi Neutron, Radiasi, Kimia
Gambar 1. Arsen dibombardir dengan neutron menghasilkan arsen metastabil. Untuk stabil meluruhkan sinar gamma.
Berdasarkan mekanisme di atas, sanggup diketahui apakah orang itu diracuni arsen atau mati wajar. Metode ini juga sangat peka lantaran sanggup mengidentifikasi jumlah arsen hingga 10–9 g.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Radioisotop untuk Analisis Aktivasi Neutron. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!