Home » » Pintar Pelajaran Pengaruh, Dampak Negatif Radiasi Pada Makhluk Hidup, Ancaman Radioaktif, Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Pengaruh, Dampak Negatif Radiasi Pada Makhluk Hidup, Ancaman Radioaktif, Kimia

Pengaruh, Dampak Negatif Radiasi pada Makhluk Hidup, Bahaya Radioaktif, Kimia - Zat radioaktif memang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Akan tetapi zat radioaktif juga mempunyai dampak negatif terhadap kehidupan makhluk hidup. Radiasi yang dipancarkan unsur radioaktif berbahaya bagi tubuh, yaitu mengganggu fungsi normal tubuh. Bahaya radiasi terhadap badan ini tergantung beberapa faktor, antara lain sebagai berikut.
  1. Jenis radiasi. Radiasi gamma merupakan radiasi eksternal yang paling berbahaya. Adapun radiasi internal yang paling berbahaya berasal dari radiasi alfa.
  2. Lama penyinaran.
  3. Jarak sumber radiasi dengan tubuh.
  4. Keberadaan penghalang antara sumber radiasi dengan tubuh.
Akibat radiasi yang melebihi takaran yang diperkenankan sanggup menimpa seluruh badan atau hanya lokal. Radiasi tinggi dalam waktu singkat sanggup menjadikan imbas akut atau seketika sedangkan radiasi dalam takaran rendah dampaknya gres terlihat dalam jangka waktu yang usang atau menjadikan imbas yang tertunda. Radiasi zat radioaktif sanggup memengaruhi kelenjar-kelenjar kelamin, sehingga mengakibatkan kemndulan.

Berdasarkan dari segi cepat atau lambatnya penampakan imbas biologis akhir radiasi radioaktif ini, imbas radiasi dibagi menjadi ibarat berikut.

1. Efek segera

Efek ini muncul kurang dari satu tahun semenjak penyinaran. Gejala yang biasanya muncul yaitu mual dan muntah-muntah, rasa malas dan lelah serta terjadi perubahan jumlah butir darah.

2. Efek tertunda

Efek ini muncul sesudah lebih dari satu tahun semenjak penyinaran. Efek tertunda ini sanggup juga diderita oleh turunan dari orang yang mendapatkan penyinaran. Batas takaran maksimum pada insan yang diizinkan yaitu ibarat berikut.

Tabel 1. Sistem Pembatasan Dosis

Besaran Dosis
Pekerja Radiasi
Masyarakat Umum
Dosis ekivalen efektif
5.000 mrem/tahun
100 mrem/tahun
Dosis ekivalen jaringan
Lensa mata
Kulit dan lensa mata
15.000 mrem/tahun
5.000 mrem/tahun
lain-lain 50.000 mrem/tahun

Sumber: Pengendalian dan Keselamatan Radiasi

Adapun pada populasi binatang diperkirakan radiasi sebesar 1.000 rem dalam interval waktu yang pendek akan membunuh 100% populasi yang terkena radiasi. Sedangkan takaran 450 rem memungkinkan ajal sekitar 50% dari populasi hewan. Dosis 1 rem pada flora mengakibatkan terjadinya perbedaan sifat dari flora yang dihasilkan.

Anda kini sudah mengetahui Dampak Negatif Radiasi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!