Home » » Pintar Pelajaran Cara, Proses Pembuatan Unsur Golongan Ia, 1A, Alkali, Senyawa Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Cara, Proses Pembuatan Unsur Golongan Ia, 1A, Alkali, Senyawa Kimia

Cara, Proses Pembuatan Unsur Golongan IA, 1A, Alkali, Senyawa Kimia - Pembuatan unsur kimia dari golongan 1A yakni sebagai berikut :

a. Unsur Natrium

Natrium sanggup diperoleh dengan cara elektrolisis NaCl yang dicairkan dengan katode besi dan anode karbon. Sel yang digunakan yakni sel Downs. Natrium cair terbentuk pada katode, selanjutnya dialirkan dan ditampung dalam wadah berisi minyak tanah. Dalam proses ini ember elektrolisis dipanaskan dari luar dan dijaga semoga natrium yang terbentuk tidak bersinggungan dengan udara, alasannya yakni akan terbakar. Hasil samping elektrolisis ini yakni klorin.
 Natrium sanggup diperoleh dengan cara elektrolisis NaCl yang dicairkan dengan katode besi d Pintar Pelajaran Cara, Proses Pembuatan Unsur Golongan IA, 1A, Alkali, Senyawa Kimia
Gambar 1. Sel Downs Mengekstrak Natrium dengan Elektrolisis (Sumber: Kamus Kimia Bergambar).
b. Senyawa Natrium klorida

Natrium klorida (NaCl) atau garam dapur diambil dari air bahari dengan menguapkan air bahari dalam kolam atau tambak yang luas di tepi laut. Metode ini sanggup diterapkan di kawasan panas. Adapun di kawasan dingin, garam dapur didapat dengan membekukan air. Air beku yang terbentuk tidak mengandung NaCl, sehingga larutan yang disisakan merupakan larutan pekat dengan kadar NaCl yang tinggi. Garamnya sanggup dipisahkan dengan penguapan. Garam darat diperoleh dengan menggalinya. Hasil penggalian yang sudah putih higienis sanggup eksklusif diperdagangkan. Adapun hasil penggalian yang masih kotor, lebih dahulu dilarutkan dalam air semoga kotorannya mengendap dan dipisahkan dengan penyaringan. Selanjutnya garam sanggup diperoleh kembali dengan penguapan.

Apabila lapisan-lapisan yang mengandung garam itu terlalu dalam letaknya di dalam tanah maka untuk mendapat garam darat tersebut terlebih dulu perlu dipompakan air ke dalam tanah untuk melarutkan garamnya, kemudian larutan itu dipompa kembali ke atas (cara Frasch).

c. Senyawa Natrium karbonat

Natrium karbonat (Na2CO3) sanggup diperoleh dengan cara:

1) Elektrolisis larutan NaCl dengan diafragma

Ke dalam ruangan katode, di mana terbentuk NaOH dipompakan (dialirkan dengan tekanan) gas CO2, sehingga terbentuk NaHCO3, kemudian NaHCO3 yang terbentuk dipanaskan. Reaksi yang terjadi menyerupai berikut.

NaOH(l) + CO2(g) → NaHCO3(aq)
2NaHCO3(aq) → Na2CO3(l) + H2O(l) + CO2(g)

2) Proses Solvay

Kedalam larutan garam dapur yang jenuh dan panas, dipompakan gas-gas amonia (NH3) dan karbon dioksida (CO2). Maka terjadilah reaksi-reaksi menyerupai berikut:

NH3(g) + CO2(g) + H2O(l)→ (NH4)HCO3(aq)
(NH4)HCO3(aq) + NaCl(aq)→ NH4Cl(aq) + NaHCO3(aq)

Natrium hidrogen karbonat (NaHCO3) yang terbentuk, dipanaskan sampai berkembang menjadi soda (natrium karbonat), dengan reaksi menyerupai berikut.

2NaHCO3(aq) → Na2CO3(l) + H2O(l) + CO2(g)

CO2 yang dibebaskan, sanggup digunakan kembali dalam proses tersebut. NH3 yang mahal harganya, sanggup diperoleh kembali dengan mereaksikan NH4Cl dengan Ca(OH)2.

Perhatikan reaksi berikut.

2NH4Cl(aq) + Ca(OH)2(l) → CaCl2(l) + 2NH4OH(aq)
2NH4OH(aq) → 2NH3(g) + 2H2O(l)

d. Senyawa Natrium Hidrogen Karbonat

Pada pembuatan soda dengan proses solvay sebagai hasil pertama terbentuk senyawa natrium hidrogen karbonat (NaHCO3) yang akan terurai pada suhu 650 °C. Oleh alasannya yakni itu garam yang terbentuk harus dihablurkan di bawah suhu tersebut. Natrium hidrogen karbonat sanggup juga terbentuk kalau dalam larutan soda yang jenuh dialirkan karbon dioksida di bawah suhu 310 °C.

Na2CO3(l) + H2O(l) + CO2(g) → 2NaHCO3(aq)

e. Unsur Kalium

Kalium dibentuk dari elektrolisis KOH cair menyerupai pada natrium serta pemijaran potas (K2CO3) dalam karbon.

K2CO3(l) + 2C(s) → 2K(s) + 3CO(g) ↑

f. Senyawa Kalium hidroksida

Kalium hidroksida (KOH) diperoleh dari elektrolisis larutan KCl dengan diafragma (sama dengan cara pembuatan NaOH dari elektrolisis larutan NaCl).

Anda kini sudah mengetahui Pembuatan Unsur Golongan IA. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!