Home » » Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop Untuk Aplikasi Dalam Industri Dan Pertanian, Radiasi, Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop Untuk Aplikasi Dalam Industri Dan Pertanian, Radiasi, Kimia

Kegunaan, Manfaat Radioisotop untuk Aplikasi dalam Industri dan Pertanian, Radiasi, Kimia - Salah satu aplikasi radioisotop dalam bidang pertanian yaitu untuk memilih pemakaian pupuk optimum. Berapa kadar pupuk yang harus ditambahkan ke dalam tanah, dan berapa kadar pupuk yang diserap tanaman. Kadar pupuk optimum sanggup ditentukan dengan menambahkan amonium fosfat berlabel 32P yang mempunyai acara tertentu. Selanjutnya, dilakukan pengukuran aktivitasnya pada akar, daun, batang, atau bab lain dari tanaman. Total fosfor yang dibutuhkan tumbuhan ditentukan melalui analisis kimia dan penambahan pupuk ditentukan oleh keaktifan yang terukur.

Perbedaan dari kedua pengukuran itu mengatakan fosfor yang terdapat dalam tanah. Dari hasil penelitian terbukti bahwa hasil panen jauh lebih melimpah kalau penambahan pupuk fosfat dilakukan pada ketika benih disemai atau pada ketika 60% pertumbuhan akar.

Oleh alasannya banyak unsur sanggup diaktifkan dengan neutron dan emisi radiasinya mempunyai frekuensi tertentu yang khas maka teknik pencarian sumber alam yang terdapat dalam kerak bumi banyak melibatkan partikel neutron. Contohnya, pencarian sumber air dan minyak bumi. Alat bor dilengkapi dengan sumber neutron, dibutuhkan sanggup menginduksi keradioaktifan terhadap unsur-unsur yang terdapat dalam tanah pada kedalaman tertentu.
Manfaat Radioisotop untuk Aplikasi dalam Industri dan Pertanian Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Radioisotop untuk Aplikasi dalam Industri dan Pertanian, Radiasi, Kimia
Gambar 1. Teknik pencarian sumber alam (air, minyak bumi).
Neutron penginduksi biasanya bersumber dari (Po + Be) dengan peluruhan sekitar 107 neutron per detik dan dirakit, menyerupai pada Gambar 1. Setelah terjadi induksi keradioaktifan oleh neutron, unsur-unsur sekitar menjadi bersifat radioaktif, dan memancarkan radiasi gamma dengan energi yang khas untuk setiap unsur. Radiasi gamma akan tersidik pada detektor sehingga sanggup diketahui macam unsur yang ada dalam tanah itu. Teknik ini secara luas dikembangkan untuk memilih keberadaan sumber air atau minyak bumi. Jika terdapat unsur hidrogen, energi gamma yang tersidik sekitar 2,2 MeV, unsur oksigen sekitar 6,7 MeV, dan unsur karbon sekitar 4,4 MeV.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Radioisotop untuk Aplikasi dalam Industri dan Pertanian. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!