Home » » Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Titanium, Ti, Sumber, Bilangan Oksidasi, Biloks, Unsur Transisi, Senyawa, Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Titanium, Ti, Sumber, Bilangan Oksidasi, Biloks, Unsur Transisi, Senyawa, Kimia

Kegunaan, Manfaat Titanium, Ti, Sumber, Bilangan Oksidasi, Biloks, Unsur Transisi, Senyawa, Kimia - Titanium merupakan unsur yang tersebar luas dalam kulit bumi (sekitar 0,6% massa kulit bumi). Oleh alasannya ialah kerapatan titanium relatif rendah dan kekerasan tinggi, titanium banyak digunakan untuk materi struktural, terutama pesawat terbang bermesin jet, menyerupai Boeing 747. Mesin pesawat terbang memerlukan materi yang bermassa ringan, keras, dan stabil pada suhu tinggi. Selain ringan dan tahan suhu tinggi, logam titanium tahan terhadap cuaca sehingga banyak digunakan untuk material, menyerupai pipa, pompa, tabung reaksi dalam industri kimia, dan mesin mobil.

Umumnya, senyawa titanium digunakan sebagai pigmen warna putih. Titanium (IV) oksida merupakan material padat yang digunakan sebagai pigmen putih dalam kertas, cat, plastik, fiber sintetik, dan kosmetik. Sumber utama titanium (IV) oksida ialah bijih rutil (matrik TiO2) dan ilmenit (FeTiO3). Rutil diolah dengan klorin membentuk TiCl4 yang gampang menguap, kemudian dipisahkan dari pengotor dan dibakar menjadi TiO2.

TiCl4(g) + O2(g) → TiO2(s) + Cl2(g)

Ilmenit diolah dengan asam sulfat membentuk senyawa sulfat yang gampang larut dalam air.

FeTiO3(s) + H2SO4(aq) → Fe2+(aq) + TiO3 2+(aq) + 2SO4 2–(aq) + 2H2O(l)

Campuran hasil reaksi dimasukkan ke dalam vakum biar terbentuk FeSO4.7H2O padat yang gampang dikeluarkan. Sisa adonan dipanaskan menjadi titanium (IV) oksida hidrat (TiO2.H2O), selanjutnya hidrat dikeluarkan melalui pemanasan membentuk TiO2 murni.


Kalor

TiO2.H2O(s)
TiO2(s) + H2O(g)

Senyawa titanium (III) sanggup diperoleh melalui reduksi senyawa titan yang mempunyai biloks +4. Dalam larutan air, Ti3+ terdapat sebagai ion Ti(H2O)6 3+ berwarna ungu, yang sanggup dioksidasi menjadi titanium (IV) oleh udara. Titanium (II) tidak stabil dalam bentuk larutan, tetapi lebih stabil dalam bentuk oksida padat sebagai TiO atau sebagai senyawa halida TiX2.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Titanium. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!