Home » » Pintar Pelajaran Bahaya, Imbas Negatif Unsur-Unsur Golongan Utama, Senyawa Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Bahaya, Imbas Negatif Unsur-Unsur Golongan Utama, Senyawa Kimia

Bahaya, Dampak Negatif Unsur-Unsur Golongan Utama, Senyawa Kimia - Selain bermanfaat ternyata unsur-unsur yang telah kita pelajari memiliki dampak negatif. Adapun dampak negatifnya yaitu menyerupai berikut.

1. Karbon

Dampak negatif karbon yaitu pada senyawa karbon yaitu:

a. Karbon dioksida (CO2)

Karbon dioksida terjadi lantaran pemakaian materi bakar dari fosil. Adanya pembakaran ini mengakibatkan terjadinya efek rumah kaca.

b. Cloro Fluoro Carbon (CFC)

CFC berdampak negatif terhadap penipisan lapisan ozon dan berkontribusi terhadap efek rumah kaca.

c. Kloroform (CCl4)

Kloroform mengakibatkan kerusakan hati dan ginjal, dan bersifat racun jika tertelan.

d. Karbon disulfida (CS2)

Karbon disulfida merupakan senyawa gampang terbakar dan bersifat meracuni.

e. Karbon monoksida (CO)

Karbon monoksida biasanya dihasilkan oleh asap kendaraan dan proses industri. Karbon monoksida lebih gampang mengikat hemoglobin daripada oksigen. Oleh lantaran itu, darah akan kekurangan oksigen.

2. Nitrogen

Campuran NO dan NO2 menghasilkan NOx yang merupakan hasil pembakaran materi bakar dari industri atau kendaraan yang mengakibatkan terjadinya hujan asam dan asap kabut (smog) yang menjadikan terjadinya iritasi pada mata dan mengakibatkan tumbuhan menjadi kering. Hujan asam sanggup merusak pH tanah, perairan serta merusakkan bangunan.

3. Silikon

Silikon yang digunakan untuk kecantikan wajah sanggup mengakibatkan kerusakan bentuk dan melumpuhkan beberapa otot wajah. Hal ini lantaran silikon sanggup membentuk gumpalan dan sanggup memblokir anutan darah ke jaringan/organ tubuh.

4. Fosfor

Fosfor berdampak negatif apabila bijih fosfor yang diolah menjadi fosfat larut dalam air, sehingga mengakibatkan terjadinya limbah radioaktif (disebabkan bijih fosfor mengandung uranium).

5. Belerang

Senyawa sulfur yang berdampak negatif antara lain:

a. Hidrogen Sulfida (H2S)

Hidrogen sulfida merupakan gas sangat beracun yang memiliki amis menyerupai telur bau dan senyawa ini sanggup mengakibatkan kematian.

b. Asam Sulfat (H2SO4)

Asam sulfat merupakan zat higroskopis sehingga sanggup merusak kulit dan juga mengakibatkan korosi.

6. Radon

Radon merupakan unsur gas mulia yang bersifat radioaktif. Radon apabila terhirup oleh manusia, akan tertinggal di paru-paru dan menimbulkan kanker paru-paru.

7. Aluminium

Aluminium sanggup merusak kulit dan dalam bentuk bubuk sanggup meledak di udara jika dipanaskan. Senyawa aluminium yang berbahaya antara lain aluminium oksida (Al2O3) yang bereaksi dengan karbon dan berdampak pada pemanasan global. Adapun reaksinya menyerupai berikut.

2Al2O(s) + 3C(s) → 4Al(s) + 3CO2(g)

Anda kini sudah mengetahui Dampak Negatif Unsur-Unsur Golongan Utama. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!