Home » » Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Unsur Golongan Iia, 2A, Alkali Tanah, Senyawa Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Unsur Golongan Iia, 2A, Alkali Tanah, Senyawa Kimia

Kegunaan, Manfaat Unsur Golongan IIA, 2A, Alkali Tanah, Senyawa Kimia - Penggunaan unsur kimia golongan 2A dan senyawanya yaitu sebagai berikut :

a. Unsur Kalsium

Kalsium yaitu logam lunak, berwarna putih; gampang bereaksi dengan oksigen, tetapi kalsium oksida yang terbentuk merupakan lapisan yang melindungi logamnya terhadap oksigen lebih lanjut. Kalsium dicampur dengan litium sebagai pengeras dalam logam yang mengandung timbal; untuk industri baja Cr-Ni, kalsium digunakan sebagai adonan logam campur.

b. Senyawa Kalsium Oksida [1]

Kapur tohor (kalsium oksida) digunakan pada pembuatan baja. Penambahan zat tersebut ke dalam lelehan besi yang mengandung silikat akan bereaksi dengan silikat membentuk ampas yang mengapung pada permukaan lelehan besi. Reaksinya tergolong asam-basa Lewis:

CaO(s)
+
SiO2(s)
CaSiO3(l)
oksida basa

oksida asam

ampas kalsium silikat

c. Senyawa Kalsium Hidroksida [1]

Kalsium hidroksida, Ca(OH)2 digunakan sebagai materi pengisi pada pembuatan kertas, dan untuk menciptakan gigi buatan bantu-membantu senyawa fluorin.

Senyawa CaO dan Ca(OH)2 digunakan untuk melunakkan air sadah. Jika air sadah yang mengandung Ca(HCO3)2 diolah dengan Ca(OH)2, semua ion kalsium diendapkan sebagai kalsium karbonat.

Ca2+(aq) + 2HCO3(aq) + Ca(OH)2(aq) → 2CaCO3(s) + 2H2O(l)

d. Senyawa Kalsium Sulfat

Senyawa kalsium sulfat (CaSO4) di alam sebagai CaSO4.2H2O yang disebut dengan gips atau albas. Senyawa ini baik digunakan untuk menciptakan majemuk barang tuang, sebagai pembalut gips, dalam industri cat digunakan sebagai cat "putih", untuk pembuatan kapur tulis (campuran dari gips, kaolin, asam oleat, dan NaOH). Jika dipanaskan hingga di atas 200 °C, maka air hablurnya lenyap semua (CaSO4.0H2O). Jika dicampur dengan air kembali maka senyawa tersebut tidak sanggup mengikat air lagi. Keadaan demikian dinamakan gips mati.

Semen gips dibentuk dari gips yang dicampur dengan asam fosfat, Na-fosfat, pasir dan dipanaskan hingga +1200 °C. Hasil ini dicampur lebih lanjut dengan K2SO4 dan ZnSO4, kemudian digiling halus. Semen gips dicampur dengan air sanggup menjadi keras dalam waktu 2 jam.

e. Unsur Magnesium

Magnesium yaitu logam ringan berwarna putih, tetapi dalam udara menjadi putih abu-abu lantaran terbentuknya lapisan magnesium oksida yang melindungi logamnya terhadap oksidasi lebih lanjut. Dalam bentuk pita atau serbuk magnesium gampang terbakar menjadi magnesium oksida dengan mengakibatkan cahaya putih yang menyilaukan. Magnesium dalam asam encer membentuk gas hidrogen. Magnesium digunakan sebagai pengisi lampu Blitzchth (dicampur dengan logam aluminium). Magnesium banyak digunakan untuk pembuatan logam campur, dengan sifat-sifat tetap ringan, tetapi dengan kekuatan yang berlipat ganda. Oleh lantaran itu, magnesium digunakan untuk industri menciptakan rangka pesawat terbang.

f. Senyawa Magnesium Oksida

Magnesium Oksida (MgO) berupa zat padat, berwarna putih, tidak gampang mencair (titik cairnya 2.800 °C), keras dan tahan api. Oleh lantaran sifat-sifat ini MgO digunakan sebagai pelapis tanur. Jika MgO dipijarkan, dicampur dengan larutan MgCl2 yang pekat, membentuk bubur yang di udara menjadi keras dan mengkilap. Campuran tersebut dinamakan semen magnesium atau semen sorel. Campuran semen magnesium dengan serbuk kayu, serbuk gabus, gilingan batu, dan sebagainya disebut granit kayu atau ksilolit. Bahan ini antara lain digunakan untuk menciptakan lantai yang tidak bersela atau tidak bersambung dan sebagai materi gading buatan.

g. Senyawa Magnesium Sulfat

Magnesium sulfat (MgSO4) berupa padatan putih. Contoh garam inggris dengan rumus MgSO4.7H2O, dipakai dalam obat-obatan sebagai pencahar (obat urus-urus).

h. Senyawa Magnesium Hidroksida

Magnesium Hidroksida (Mg(OH)2) berupa padatan putih yang sedikit larut dalam air. Bersifat basa. Oleh lantaran itu Mg(OH)2 digunakan untuk obat sakit maag.

i. Senyawa Barium Sulfat (BaSO4)

Senyawa penting dari barium adalah BaSO4. Senyawa ini digunakan pada penggilingan minyak dalam bentuk bubur, berfungsi sebagai perekat gurdi penggilingan. BaSO4 juga tidak sanggup di tembus sinar-X sehingga senyawa ini digunakan untuk diagnosa sinar-X. Senyawa barium yang larut dalam air tidak sanggup digunakan alasannya bersifat racun, tetapi suspensi BaSO4 yang terdapat sebagai ion barium, racunnya sanggup diabaikan.

Senyawa logam alkali tanah dengan beberapa aplikasinya dalam industri dan rumah tangga dipaparkan dalam Tabel 1. [1]

Senyawa
Kegunaan
MgO
Bata tahan api (tungku), dan makanan binatang
Mg(OH)2
Sumber magnesium untuk logam dan senyawa, susu magnesia
MgSO4.7H2O
Pupuk, obat-obatan (analgesik), dan pabrik pencelupan
CaO
Pabrik baja, dan pengolahan air
CaCO3
Mortar
CaSO4
Lapisan kertas, pengisi, dan antasid
Ca(HPO4)2
Plester, dinding, semen, dan pupuk
BaSO4
Pigmen cat, minyak, dan penggiling lumpur

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Unsur Golongan IIA. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

Referensi Lainnya :

[1] Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Praktis dan Aktif Belajar Kimia 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 298.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!