Home » » Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Unsur Golongan Iiia, 3A, Senyawa Kimia

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Kegunaan, Manfaat Unsur Golongan Iiia, 3A, Senyawa Kimia

Kegunaan, Manfaat Unsur Golongan IIIA, 3A, Senyawa Kimia - Penggunaan unsur kimia golongan 3A dan senyawanya ialah sebagai berikut :

a. Unsur Aluminium

Aluminium digunakan untuk menciptakan barang-barang keperluan rumah tangga, misal piring, mangkok, dan sendok; untuk menciptakan rangka dari kendaraan beroda empat dan pesawat terbang; sebagai materi cat aluminium (serbuk aluminium dengan minyak cat). Aluminium sanggup dicairkan menjadi lembaran tipis yang digunakan untuk pembungkus cokelat, rokok dan juga sebagai kaleng minuman bersoda. Daun aluminium atau logam adonan dengan Mg digunakan sebagai pengisi lamput Blitz, di samping gas oksigen. Selanjutnya aluminium digunakan untuk menciptakan beberapa macam logam campur, diantaranya yang penting ialah duraluminium (paduan 94% aluminium dengan Cu, Mn, Mg), yang terutama digunakan dalam industri pesawat terbang, dan mobil.

b. Aluminium Oksida

Aluminium oksida (Al2O3) di alam tercampur dengan oksida besi dalam bentuk hablur yang disebut amaril. Bahan ini sangat keras dan digunakan untuk menggosok besi. Hablur Al2O3 (korundum) juga terdapat dalam bentuk kerikil permata atau intan berwarna misal mirah berwana merah (mirah delima), nilam berwarna biru (batu nilam), zamrut berwarna hijau, ametis berwarna ungu, ratna cempaka berwarna kuning. Batu-batu ini diperdagangkan dengan nama kerikil akik, meskipun nama ini tidak sempurna alasannya ialah yang dimaksudkan dengan akik ialah hablur kwarsa (SiO2).

c. Senyawa Asam Borat

Asam borat (H3BO3) banyak digunakan dalam pabrik beling dan email. Pada penyamakan kulit digunakan untuk mengikat kapur dalam kulit.

d. Garam-Garam Aluminium Silikat

Beberapa garam aluminium silikat terdapat dalam tanah liat. Tanah liat merupakan materi dasar dalam pembuatan keramik. Ultramarin ialah materi cat biru yang terdiri dari Na-Al-silikat dan S. Ultramarin dalam alam terdapat dengan nama lazurit, digunakan sebagai materi pembiru pakaian, tekstil, kertas, dan gula.

e. Senyawa Natrium Perborat

Natrium perborat NaBO3.4H2O dengan air menjadikan oksigen aktif yang digunakan sebagai pemucat dalam beberapa macam serbuk sabun.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Unsur Golongan IIIA. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!