Home » » Pintar Pelajaran Topan

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Topan

topan? Topan yakni angin yang mempunyai kecepatan sampai 120 km/jam atau lebih yang sering terjadi di wilayah tropis kecuali di daerah yang berada pada garis khatulistiwa. Angin topan ini biasanya terjadi alasannya perbedaan tekanan udara atau suhu udara pada suatu tempat tertentu.

 Adapun kerusakan yang biasanya di timbulkan dari ancaman angin topan yaitu :


1.   Merobohkan bangunan

Kerusakan yang terjadi pada ancaman angin topan salah satunya yaitu sanggup merobohkan bangunan. Di sarankan menciptakan bangunan rumah yang mempunyai ruang bawah tanah bagi daerah yang sering terkena serangan angin topan. Hal ini di maksudkan semoga dikala angin ribut angin topan itu datang, penghuni rumah sanggup berlindung di ruang bawah tanah.

2.   Rusak area pertanian dan perkebunan

Yang paling miris dan duka dikala melihat angin topan yang menyerang area perkebunan dan pertanian. Karena kalau menimpa area tersebut biasanya tidak ada yang tersisa. Yang harus di lakukan yakni jangan selalu larut dengan kesedihan namun harus eksklusif bangun dan bergerak maju.

3.   Berbahaya bagi penerbangan

Jika sedang terjadi angin topan pastilah penerbangan dihentikan. Dengan dihentikannya tersebut mempunyai maksud untuk menjaga keselamatan penumpang dan awak kabin pesawat.

4.   Omak besar

Bahaya angin topan yang di rasakan sampai di daerah laut. Menurut penelitian angin topan menciptakan gelombang maritim atau ombak yang besar yang sanggup menenggelamkan kapal.

Selain itu ancaman angin topan juga mempunyai ancaman lain yaitu sambaran petir, banjir bandang dan angin kencang. Berikut ini kita akan melihat beberapa angin topan yang pernah terjadi dan sangat berbahaya juga mengerikan yaitu

1.   Topan Cimaro

Pada tahun 2006 topan ini merupakan topan terkuat dengan kecepatan 230 kilometer/jam. Yang menewaskan dua puluh orang dan di kabarkan bahwa lima belas di antaranya hilang. Dengan kerusakan di taksir sekitar 103 miliar rupiah.

2.   Topan Andrew

Angin topan ini mempunyai kecepatan yang luar biasa besar. Dengan kerugian yang sanggup di perkirakan sekitar 298 miliar rupiah.

3.   Topan Nina

Angin topan yang terjadi pada tahun 1975 yang menewaskan sekitar 100.000 jiwa. Angin topan ini berlangsung selama beberapa hari dan menjadikan banjir.

4.   Topan Saomai

Topan saomai mempunyai kecepatan 135 mil perjam. Dinobatkan sebagai angin topan terkuat semenjak 1949 di Cina. Kerusakan yang di timbulkan juga besar kalau dalam bentuk material sebesar 28,7 triliun rupiah, 1000 rumah rusak dan 458 orang di kabarkan tewas dalam tragedi ini.

5.   Topan Megi

Topan ini terjadi pada tanggal 24 Sebtember 1960. Yang mempunyai kecepatan 115 mil per jam. Kerusakan yang timbul hampir merata di seluruh daerah jepang. Hal ini sanggup di lihat dari korban tewas mencapai 300 orang dan yang hilang 700 orang.

6.   Topan Kenna

Topan Kenna merupakan topan terkuat nomor tiga yang mempunyai kecepatan 140 mil per jam. Topan ini terjadi pada 25 Oktober 2002 dan menelan kerugian sebesar 1,1 triliun rupiah.

7.   Topan Cora

Topan cora mempunyai kecepatan 175 mil per jam.

8.   Topan Katrina

Topan Katrina terjadi pada tahun 2005 di negara Amerika serikat. Topan ini merupakan topan terkuat ke dua yang melanda daerah ini dan menewaskan korban jiwa sebanyak 1.833 jiwa.

9.   Topan Tip

Jenis topan ini mempunyai kecepatan 190 mil per jam. Dan di laporkan korban jiwa sebanyak 100 orang tewas.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!