Home » » Pintar Pelajaran Petir

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Petir

petir. Hal ini dikarenakan adanya hawa lembab dan panas sehingga curah hujan pun menjadi sangat tinggi. Petir sanggup terjadi sebab adanya perbedaan potensial muatan, yang dimaksud tentu saja sanggup pada awan dengan bumi, atau pada antar awan. Hal ini dikarenakan awan bergerak secara teratur, sehingga awan dengan muatan negatif akan berkumpul, begitu pula sebaliknya. Hal ini sanggup diteliti lebih lanjut sehingga sanggup dijadikan sebagai materi penulisan jurnal ilmiah.


Berikut ini fakta wacana petir yang mungkin tidak Anda ketahui.

1.   Jumlah petir terbanyak

Indonesia pernah menjadi pemegang rekor ini. Di tempat timur Jakarta, tepatnya di tempat Cibinong, pernah terjadi 322 petir dalam setahun. Hal ini pernah dicatat oleh Guinness Book of Record.

Selain di Indonesia, Amerika Serikat juga pernah tercatat sebagai negara dengan jumlah petir paling banyak terjadi. Tepatnya di Florida. Di sini tercatat ada 30 juta kali petir per tahunnya.

2.   Fenomena alam terkuat

Petir memiliki kekuatan yang sangat besar sehingga sanggup menghancurkan. Petir sanggup memiliki kekuatan sampai 200.000 ampere. Dengan kekuatan sebesar ini, kau sanggup menyalakan bohlam 100 watt sebanyak 500 ribu buah. Meskipun arusnya hanya sebentar, adalah hanya 200 mikro detik saja, dampak petir sangat berbahaya sebab sanggup menimbulkan kebakaran, kerusakan pada bangunan, dan jikalau menyambar insan sanggup menimbulkan kematian.

3.   Dapat tersalur ke mana-mana

Ketika petir menyambar loncatan muatan listrik akan terjadi dan tersalur ke benda yang memiliki sifat konduktor di tempat yang tersambar. Loncatan ini sanggup tersalur atau mengalir ke mana-mana, bahkan sampai puluhan kilometer jauhnya.

4.   Mungkinkah Bertahan hidup sesudah Tersambar Petir?

Fakta wacana petir ini cukup mengejutkan. Sebenarnya jikalau seseorang tersambar petir masih ada cita-cita hidup untuknya. Dari 30 orang yang pernah tersambar petir, 5 di antaranya dilaporkan masih hidup. Seorang laki-laki berjulukan Roy Sullivan termasuk yang paling fenomenal. Dia pernah tersambar petir sebanyak 7 kali dalam umur 71 tahun dan masih hidup.

5.   Petir lebih panas dari permukaan matahari

Diperkirakan panas petir sanggup mencapai 20.000 derajat celcius, lebih panas dari permukaan matahari. Inilah yang mengakibatkan terjadinya bunyi gemuruh. Suara gemuruh terjadi dikala udara memuai secara cepat dan banyak dan bertumbukan satu sama lain.

6.   Cara menghindari ancaman petir

Fakta wacana petir ini akan membantu kau melindungi diri dari petir. Apalagi di Indonesia yang seringkali terjadi hujan disertai angin dan petir. Pertama adalah memakai metode Sangkar Faraday. Caranya memakai konduktor yang dihubungkan eksklusif dengan pembumian. Kabel konduktor yang terbuat dari kuningan atau tembaga akan mengalirkan muatan listrik ke batang pembumian yang tentunya sudah ditanam terlebih dulu di dalam tanah. Inilah yang lebih dikenal oleh masyarakat awam dengan nama penangkal petir.

Petir juga sanggup menimbulkan kerusakan listrik. Oleh sebab itu, matikan listrik dikala petir terjadi. Cabut juga kabel telepon dan jalan masuk antena televisi.

Agar tidak tersambar petir, dikala hujan disertai petir terjadi, hindari tempat terbuka menyerupai sawah atau lapangan. Hindari juga alat-alat listrik menyerupai radio, televisi, dll jikalau tidak ingin mematikan listrik. Sebaiknya matikan telepon genggam dan hindari berdiri terlalu erat dengan jendela. Jangan mengabadikan petir memakai kamera kecuali jikalau Anda seorang profesional atau istilahnya fotografer pemburu petir.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!