Home » » Pintar Pelajaran Angin Isu Terkini (Muson) Barat

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Angin Isu Terkini (Muson) Barat

Perpustakaan Cyber (10/2/2015) - Angin monsoon atau animo ialah angin yang membawa kelembaban dan terjadi secara musiman di tempat daratan yang erat dengan laut. Angin monsoon ialah insiden meteorologis yang melibatkan adanya angin bahari secara besar-besaran. Angin ini terjadi lantaran perbedaan kapasitas dan kemampuan daratan dan perairan dalam menyerap panas dan cuek dari matahari. Hal itu menjadikan di animo yang lebih hangat, angin dari bahari akan berhembus ke daratan, sementara itu di animo yang lebih cuek angin akan berhembus dari daratan ke lautan.


Angin monsoon ialah penyebab dari animo hujan dan animo kering di Indonesia, India dan Amerika. Efek dari monsoon bisa sangat menguntungkan dan destruktif. Diketahui bahwa saat animo kering, materi makanan yang ditumbuhkan akan kekurangan air sehingga bisa saja terjadi kelaparan di suatu negara. Hujan yang disebabkan monsoon juga sangat bisa membunuh banyak orang lantaran banjir.

Terdapat dua angin monsoon atau animo yang kita kenal, yang pertama angin animo barat yang membawa angin maritim yang membawa uap air dari samudra Pasifik dan Laut Cina Selatan bersifat dan angin animo timur yang membawa angin kontinental yang kering dari Australia. Angin muson barat ialah angin yang sangat bermanfaat pada acara agraria di Indonesia. Angin ini juga menjadikan banyak kerusakan struktur dan peristiwa dengan angin kencangnya dan banjir di beberapa serpihan di Indonesia.

Proses

Angin animo barat disebabkan lantaran terdapat perbedaan kemampuan lautan di serpihan barat bahari Indonesia dengan Benua Australia yang terletak pada tenggara Indonesia. Laut mempunyai kemampuan alami untuk menyeimbangkan suhu yang dipengaruhi oleh sinar matahari di permukaan dengan proses konduksi dan konveksi dengan air bahari yang lebih dalam. Sementara itu pada daratan di Benua Australia, tanahnya cenderung menyerap panas dan melepas panas lebih cepat, selain itu tidak ada sistem penyeimbangan suhu yang cepat menyerupai yang terjadi di laut. Karena dua hal ini terjadilah perbedaan suhu yang signifikan.

Angin animo barat terjadi saat tekanan udara di Benua Australia menjadi lebih rendah lantaran faktor suhu udara yang menciptakan kerapatan udara memuai dan tersebar. Ini terjadi lantaran pada animo ini Australia sedang mengalami animo panas. Sementara itu bahari Cina Selatan dan Samudra Pasifik bisa menyeimbangkan suhunya dengan baik dan menjadikan tekanan udara di atasnya lebih tinggi. Angin pun mengalir dan membawa kelembaban dari lautan melalui Indonesia dan menjadikan animo hujan.

Waktu terjadi

Angin animo barat bertiup melalui Indonesia dari bulan Maret sampai bulan Juli. Meski begitu terdapat banyak faktor yang menciptakan kepastian keterjadian angin animo barat tidak sanggup ditentukan. Terkadang lantaran perubahan iklim, cuaca panas atau cuek di Australia bisa mempunyai panjang yang bervariasi. Hal itu juga menjadikan variasi dari bertiupnya angin animo barat. Waktu terjadi serangan animo barat juga bergantung letak geografis tempat tertentu. Angin mulai menyebar dari selatan, dan mempengaruhi Semenanjung Malaya, Indonesia kemudian sebagian Australia.

Daerah yang Terpengaruh

Monsoon barat ialah angin yang sangat merupakan perpindahan volume udara yang luar biasa besar. Angin ini mempengaruhi banyak area di dunia. Bagian selatan benua Asia menyerupai India, Bangladesh, Thailand, Vietnam, dan Indonesia ialah serpihan yang paling terpengaruh dari cuaca yang disebabkan dari angin monsoon barat. Diketahui benua Amerika Utara dan Selatan juga mengalami proses yang sangat mirip. Tetapi siklus monsoonnya tidak sempurna, lantaran itu pengaruhnya tidak terlalu signifikan. Bagian utara Australia, dan benua Afrika Bagian utara juga terpengaruh oleh angin monsoon barat berskala kecil.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!