Home » » Pintar Pelajaran Senjata Sumpit

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Senjata Sumpit

Perpustakaan Cyber (4/4/2015) - Senjata sumpit merupakan salah satu jenis senjata yang sangat populer di tempat Kalimantan. Jenis senjata ini telah dipakai semenjak zaman dahulu ketika belanda masih menjajah negara Indonesia, hingga ketika ini sudah merdeka pun eksistensi dari senjata yang satu ini masih ada. Kebanyakan mereka yang menggunakannya yaitu masyarakat dayak. Dengan adanya senjata yang satu ini maka aneka macam musuh dari masyarakat dayak itu sendiri yang ketakutan apabila mereka berhadapan dengan pengguna senjata ini yang mahir. Inilah beberapa fakta menarik mengenai senjata sumpit khas suku dayak tersebut.


1. Senjata Sumpit Lebih Mengerikan daripada Senapan

Pertama, senjata sumpit merupakan senjata yang intinya sangat sederhana. Namun, tahukah anda bahwa senjata ini mempunyai fungsi yang sangat angker dibandingkan dengan senjata biasa? Pada zaman perang dulu, orang belanda sering sekali berperang dengan suku dayak. Namun, banyak dari orang belanda yang ciut nyalinya ketika mereka berhadapan dengan pengguna senjata sumpit meskipun si orang belanda tersebut membawa senjata laras panjang. Mengapa? Hal ini terang dikarenakan sumpit mempunyai peluru yang tajam dan sangat beracun. Jadi, sekali saja si sasaran populer serangan dari senjata ini di tempat yang sempurna sasaran maka sangat kecil kemungkinan bagi ia untuk bisa selamat dari maut. Senjata ini juga dilumuri dengan racun yang sangat ganas sehingga bisa untuk mematikan insan maupun binatang yang terkena serangannya dalam sekejap.

2. Keganasan dari Senjata Sumpit

Saking ganasnya senjata sumpit ini, dulu banyak orang belanda yang menyampaikan bahwa mereka lebih baik diterjang peluru daripada diterjang oleh racun dari senjata sumpit ini, alasannya yaitu terkadang ada beberapa jenis racun yang tidak pribadi mematikan namun bisa untuk menciptakan sang sasaran menderita terlebih dahulu dan mencicipi rasa sakit yang sangat luar biasa. Biasanya racun yang dipakai oleh suku dayak ini yaitu racun dari getah pohon ipuh maupun pohon iren. Racun dari pohon ini memang populer sangat berbahaya apalagi jikalau pribadi bereaksi kedalam badan insan yang terkena serangannya.

3. Cara Mengerikan Menggunakan Senjata Sumpit

Satu lagi fakta yang mengerikan dari senjata ini yaitu cara menggunakannya! Biasanya prajurit suku dayak akan bersembunyi dulu dari jarak jauh sebelum mereka memakai senjata yang satu ini. Usai mereka mencari tempat yang pas dan jaraknya jauh dari sasaran maka mereka pun pribadi memposisikan diri mereka untuk melaksanakan penyerangan. Pengguna senjata ini juga tidak main-main. Mereka yaitu orang populer yang bisa untuk memakai senjata sumpit tersebut dengan akurasi yang sangat tinggi sehingga akan bisa untuk menciptakan orang terkena serangan ini tanpa pernah meleset. Meskipun hanya dipakai dengan cara ditiup saja namun kecepatannya juga sama dengan peluru yang keluar dari moncong senjata laras panjang. Bahkan jikalau tiupannya lebih kencang maka kecepatannya juga akan bisa lebih cepat lagi dalam melumpuhkan kaget.

4. Senjata Sumpit Mampu Membunuh Mangsa dalam Waktu 5 Menit

Sejarah mencatat pula bahwa senjata sumpit ini bisa untuk membunuh mangsanya hanya dalam waktu kurang dari 5 menit! Sungguh senjata yang sangat berbahaya memang. Zaman dahulu ketika bangsa belanda menyerang masyarakat suku dayak. Para suku dayak melaksanakan pertahanan dengan memakai senjata yang satu ini. Hasilnya, aneka macam serdadu belanda yang tewas alasannya yaitu tertancap anak sumpit dari senjata tersebut. Sementara yang lainnya yang menyaksikan mitra mereka tewas seketika hanya bisa berlari terbirit-birit karenanya. Inilah yang menimbulkan senjata sumpit termasuk dalam kategori senjata yang berbahaya namun juga mempunyai aneka macam sejarah yang bernilai.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!