Home » » Pintar Pelajaran Cuaca

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Cuaca

Cuaca sanggup diartikan sebagai fenomena atau keadaan fisik yang terjadi di atmosfer planet, bumi pada khususnya, di suatu tempat dan pada waktu tertentu. Cuaca biasanya bekerjasama dengan suhu, tekanan udara, angin, awan, kelembaban udara, radiasi, dan lain lain.

Yang ingin dibahas kali ini yaitu fakta wacana cuaca yang tak biasa terjadi, unik, dan ekstrim. Mengapa pembahasan fakta wacana cuaca ini jadi penting? Hal yang paling umum diketahui wacana anomali cuaca yang semakin sering terjadi yaitu lantaran imbas rumah beling dan pemanasan global. Menurut penelitian yang dimuat di dalam jurnal ilmiah Nature pada Oktober 2013, daerah tropis merupakan daerah awal yang akan mencicipi imbas perubahan ekstrim cuaca ini. Fakta wacana cuaca ini yaitu salah satu yang sudah mulai terjadi, terutama di negara kita sendiri, Indonesia.


Berikut yaitu beberapa fakta wacana cuaca yang menarik dan jarang kita ketahui:

1.   Planet Mars merupakan planet yang mempunyai cuaca dan iklim yang paling seolah-olah dengan bumi lantaran berputar dengan sumbu rotasi yang miring. Selain letaknya yang bersahabat dengan bumi, fakta ini menciptakan banyak ilmuwan banyak meneliti wacana kandungan yang dimiliki planet Mars serta masa depan yang sanggup diberikannya.

2.   Tempat terpanas di muka bumi yaitu Dallol, Ethiopia. Suhu dikala teduh di kota itu sanggup mencapai 34,4º Celcius. Kalau tempat terdinginnya sudah niscaya di Arktik, Kutub Selatan.

3.   Tekanan udara tertinggi yang pernah tercatat yaitu 1084 milibar di daerah Siberia dan tekanan udara terendah yang pernah tercatat yaitu 870 milibar pada sebuah topan yang terjadi di atas Laut Pasifik. Normalnya, tekanan pada dataran rendah yang bersahabat permukaan bahari hanya berada pada kisaran 1013 milibar.

4.   Tempat paling kering di dunia yaitu gurun Atacama, Chili yang hanya mempunyai curah hujan kurang dari 0,1 mm per tahun. Sedangkan tempat paling berair di dunia yaitu Mawsynram, India yang diperkirakan mempunyai rata-rata curah hujan 11.873 mm per tahun.

5.   Lokasi paling terperinci di bumi yaitu gurun Sahara sebelah timur yang mempunyai diterangi cahaya matahari hingga 4300 jam per tahun dan lokasi paling berangin disebutkan ada di Teluk Commonwealth, Antartika.

6.   Tempat dengan angin puting-beliung petir terbanyak yaitu Bogor, Indonesia dengan insiden hingga 220 angin puting-beliung petir setiap tahunnya, sedangkan tempat yang paling jarang terjadi angin puting-beliung petir yaitu Arktik dan Antartika.

7.   Menurut catatan cuaca yang pernah ada, angin dengan kecepatan tertinggi di dunia yaitu yang berada pada inti tornado. Tercatat angin sanggup mencapai 300 mph. Selain itu, tornado juga mempunyai siklus hidup yang rata-rata hanya selama 15 menit.

8.   Biji pinus sanggup dijadikan pendeteksi cuaca. Jika sisik biji pinus tertutup artinya akan turun hujan.

9.   Baru-baru ini dunia digemparkan informasi Amerika yang dilanda animo cuek yang parah final 2013 kemudian hingga awal Januari 2014. Dikabarkan bahwa suhu di Negara-negara penggalan Amerika Serikat mencapai suhu hingga -38º Celcius. Bahkan gerojokan Niagara yang merupakan gerojokan terbesar di dunia hingga membeku. Hal ini disebabkan oleh fenomena Polar Vortex, yaitu anutan udara cuek yang besar yang berputar di jarak puluhan ribu kaki di bawah atmosfer. Selain Amerika, disebutkan pula di surat-surat kabar wacana turunnya salju di Mesir dan Vietnam yang kemungkinan juga terkena imbas dari fenomena langka ini.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!