Home » » Pintar Pelajaran Batik Buketan

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Batik Buketan

Perpustakaan Cyber (28/3/2015) - Batik menjadi warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Keanekaragaman motif batik dan nama batik yang bermacam-macam membuat batik semakin hidup. Berbeda dengan motif pada kain-kain yang ada untuk pakaian, motif batik ini sendiri mempunyai dongeng yang tidak diketahui oleh banyak orang. Bahkan batik yang sudah semenjak usang diketahui milik Indonesia saja ternyata orang yang membuat beberapa motif batik ada yang bukan berasal dari negara Indonesia. Seperti batik Buketan yang banyak dilirik orang terutama kaum wanita. Karena motif batik ini lebih banyak mempunyai bunga-bunga yang indah. Batik Buketan mempunyai fakta-fakta yang menarik dan indah untuk Anda ketahui. Berikut fakta yang ada pada kehadiran batik Buketan di Indonesia:


1. Batik Belanda

Fakta menarik dari batik Buketan ini yakni ternyata asal mula batik ini bukan orisinil milik Indonesia, melainkan bangsa Belanda. Hanya saja orang berkebangsaan Belanda yang berjulukan Cristina Van Zuylen ini tinggal di Indonesia, sempurna di Pekalongan membuat batik dengan motif Buketan. Cristina memang merupakan seorang yang giat dalam menjalankan perjuangan batik. Sehingga Cristina mulai membuatkan motif batik yang sekarang dikenal dengan batik Buketan. Siapa yang menyangka ternyata keberadaan batik tidak benar-benar murni karya bangsa Indonesia. 

2. Nama Batik Buketan

Fakta yang lain dari batik Buketan yakni berkaitan dengan nama Buketan itu sendiri. Nama ini merupakan nama dari motif batik yang dipilih. Sebenarnya batik ini memakai motif  serangkaian bunga indah yang dikenal dengan nama bouquet. Karena orang Indonesia yang sulit melafalkan nama tersebut maka akibatnya jatuh pada nama Buketan. Dengan nama inilah orang-orang khususnya Indonesia gampang untuk melafalkan dan mengingat dari motif batik yang akibatnya populer dengan nama batik Buketan.

3. Batik Yang Sangat Tua

Sangat menarik saat fakta mengenai usia dari kemunculan batik ini Anda ketahui. Batik Buketan pertama kali muncul di tahun 1880. Sebelum bangsa Indonesia mempunyai banyak kecanggihan namun sudah bisa membuat karya indah batik Buketan hanya melalui batik. Siapa yang menyangka ternyata batik Buketan mempunyai usia yang sama menyerupai sejarah di Indonesia. Sehingga batik ini pun juga masuk dalam sejarah keberadaan motif kain terutama kemunculan batik Buketan. 

4. Motif Bunga-bunga

Fakta berikutnya yang ada dalam batik Buketan yakni motif dari batik ini. Faktanya, selalu ada motif rangkaian bunga-bunga yang indah dan berbeda pada setiap kain batik. Sesuai dengan nama motif Buketan, rangkaian bunga, Anda sanggup menentukan motif bunga sesuai dengan cita-cita Anda. motif bunga sendiri ada yang mempunyai ukuran besar-besar hingga kecil-kecil.  Keindahan batik Buketan akan semakin terlihat dari perpaduan motif batik ini dengan motif batik Jawa yang beragam. Sehingga semakin hidup motif batik dalam batik Buketan ini.

5. Warna-warni Kain Batik Buketan

Karena mempunyai motif bunga maka warna kain batik ini pun juga sangat menarik. Anda akan melihat fakta menarik dan indah dari batik ini. Banyak warna dasar yang cerah mulai dari biru, putih, merah marun, hijau untuk dasar kain batik Buketan ini. Anda tidak akan menemukan warna kain batik Buketan yang gelap dan kurang menarik.

Batik Buketan menjadi batik yang semakin diminati. Motif batik ini yang begitu indah membuat batik ini sanggup dipakai sebagai pakaian untuk menghadiri program resmi. Perpaduan hasil karya bangsa yang berbeda ternyata bisa menghasilkan motif batik yang bernilai budaya seni tinggi menyerupai batik Buketan ini.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!