Home » » Pintar Pelajaran Jawa Hokokai, Batik Yang Unik

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Jawa Hokokai, Batik Yang Unik

Perpustakaan Cyber (29/3/2015) - Batik Jawa Hokokai mempunyai nama yang sangat identik dengan Jepang. Namun batik ini bukanlah hasil karya orang Jepang melainkang orang Cina. Di Indonesia, batik ini juga menjadi salah satu batik yang banyak diminati. Di antara motif-motif batif batik yang ada, batik Jawa Hokokai pun bisa meraih daerah di hati beberapa kalangan. Namun bagi sebagian orang juga masuk akal bila kurang begitu familiar dengan nama dari batik ini. Memang tidak banyak yang mengenal nama dari batik ini. Kebanyakan ketika membeli batik hanya menurut asal batik atau motif batik yang diminta. Namun ketika melihat motif batik dari batik Jawa Hokokai ini sudah banyak yang mengetahui keberadaan batik ini. Hanya saja kebanyakan orang tidak tahu bila batik dengan motif unik yang mereka lihat ialah batik Jawa Hokokai. Temukan dibalik fakta-fakta menarik dari batik Jawa Hokokai.


1. Batik Bukan Asli Jawa

Fakta pertama dari batik Jawa Hokokai ialah batik ini bukanlah karya anak bangsa Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa batik ini merupakan hasil karya seseorang berkebangsaan Cina. Orang Cina ini menghasilkan batik yang dikenal dengan batik Jawa Hokokai pada ketika masa pemerintahan bangsa Jepang. Batik ini dipengaruhi oleh dua budaya bangsa sesuai dengan nama yang menempel pada batik ini. Jawa berarti batik ini dipengaruhi oleh tumpuan batik Keraton. Sedangkan Hokokai berarti batik ini juga dipengaruhi oleh Jepang.

2. Motif Batik Budaya Dua Negara

Fakta kedua ialah pada motif batik Jawa Hokokai maka ada motif batik yang kental dengan motif batik Jawa. Motif batik bendo dan juga motif kawung yang akan sanggup Anda lihat pada pinggiran dan tengah kain batik ini.  Namun jumlah motif batik ini digabungkan dengan motif Jepang. Sangat menarik dengan melihat fakta ini sebab dalam satu kain mempunyai motif yang kental dengan Jawa dan juga Jepang. Motif batik Jepang yang akan Anda lihat ialah keberadaan bunga-bunga sakura dan juga bunga krisan. Kedua motif bangsa ini menjadi satu dalam batik Jawa Hokokai.

3. Batik Dengan Desain Waktu

Fakta ketiga ini masih berkaitan dengan motif dari batik Jawa Hokokai. Anda akan dengan gampang mengenali batik ini dari motif yang ditampilkan. Jika secara umum motif batik akan ada hanya satu buah saja secara penuh. Maka berbeda dengan batik ini yang mempunyai motif bahkan warna yang berbeda dalam satu kain. Untuk batik Jawa Hokokai mempunyai motif menurut waktu, yaitu batik pagi dan juga batik sore. Ketika Anda melihat motif pada kain batik ini maka ada dua pisahan garis yang mengatakan batik pagi dengan warna yang lebih terang. Dan batik sore dengan warna yang lebih gelap. Desain batik ini bukan dibentuk sebab kesengajaan. Motif batik ini dibentuk berbeda sebab bahan-bahan yang dipakai untuk menciptakan batik ketika itu kurang. Sehingga mau tidak mau harus menggabungkan dua motif dalam satu kain. Akibat ketidaksengajaan tersebut sekarang walaupun bahan-bahan pembuat batik tetap ada hingga ketika ini dibentuk dengan dua desain pagi dan juga sore.

4. Motif Bunga dan Kupu-kupu

Fakta keempat pada batik Jawa Hokokai ialah keberadaan bunga sakura dan kupu-kupu yang selalu ada. Jika Anda gundah meyakinkan diri apakah batik yang Anda beli ialah batik Jawa Hokokai maka lihat apakah ada bunga sakura dan kupu-kupu atau tidak. Sebab fakta yang terjadi ialah dua motif ini selalu muncul untuk motif batik Jawa Hokokai.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!