Home » » Pintar Pelajaran Dirndl, Gaun Berlapis Ala Jerman

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Dirndl, Gaun Berlapis Ala Jerman

Perpustakaan Cyber (25/2/2015) - Mengenal suatu negara biasa dilakukan dengan mengenal ragam kuliner negara yang ada. Mengenal bangunan apa yang paling diagungkan. Mengenal budaya yang dikembangkan hingga pada pakaian khas dari sebuah negara. Bumi yang terdiri dari banyak sekali macam negara ini ternyata bisa menampilkan keberagaman gaya berpakaian. Bahkan di negara Jerman Selatan pun mempunyai pakaian atau yang lebih dikenal dengan gaun Dirndl. Bagi Anda yang begitu terpikat dengan negara satu ini tentu akan mengenal baik gaun Dirndl. Perkembangan zaman yang dirasakan sekarang pun juga tidak menciptakan gaun zaman dahulu ini dilupakan begitu saja. Masih banyak juga terlihat orang-orang Jerman mengenakan gaun ini. Gaun Dirndl termasuk gaun yang sangat menarik untuk disimak melalui fakta-fakta berikut ini:


1. Gaun Rakyat Jerman

Fakta pertama mengenai gaun Dirndl ialah merupakan gaun rakyat atau lebih sempurna disebut sebagai gaun tani. Konon berdasarkan dongeng yang ada, gaun ini biasa dikenakan sebagai gaun oleh para gadis tani. Karena telah ada semenjak zaman dahulu maka gaun ini pun juga termasuk gaun tradisional bagi negara Jerman. Keberadaan gaun ini pun tidak murni dari negara Jerman melainkan Austria. Di negara Austria, gaun Dirndl biasa dikenakan oleh para gadis yang berprofesi sebagai pelayan.

2. Gaun Dengan Banyak Lapisan

Fakta kedua ialah kalau Anda melihat secara seksama model dari gaun Dirndl mungkin menganggap hanya biasa atau wajar. Namun ternyata model dari gaun ini tidak sesederhana apa yang dilihat. Gaun Dirndl termasuk model gaun yang berlapis-lapis. Jika secara umum gaun hanyalah berupa pakaian akses dengan model rok. Berbeda dengan gaun dirndl yang selain berupa gaun dengan akses rok juga masih dilengkapi dengan model pakaian yang lain. pada model gaun Dirndl masih ditambahkan blus. Warna dari blus ini identik dengan warna putih. Kemudian tidak ketinggalan dengan apron atau yang dikenal dengan celemek terikat pada pecahan pinggang.

3. Hanya Digunakan Dalam Waktu Tertentu

Fakta ketiga ialah untuk mengenakan gaun tradisional ini maka harus menunggu moment yang tepat. Sebagai gaun tradisional tentu menjadi asing kalau warga Jerman harus mengenakan gaun ini pada dikala bepergian. Gadis-gadis Jerman gres akan mengenakan gaun Dirndl ketika menghadiri program yang mengangkat kesan tradisional. Seperti program yang bekerjasama dengan perayaan hasil panen atau program tradisional Jerman yang lain.

4. Makna Apron Pada Gaun Dirnl

Fakta keempat ialah mengenai penambahan apron yang ada pada gaun Dirndl. Ketika seorang gadis mengenakan gaun Dirndl dengan pelengkap apron maka beliau sudah bukan gadis lagi melainkan sudah berkeluarga. Sedangkan gadis yang mengenakan gaun Dirndl tanpa apron maka beliau belum berkeluarga.

5. Gaun Musim Dingin

Fakta kelima ialah gaun Dirndl ini ternyata multifungsi. Selain menjadi gaun tradisional juga menjadi gaun ekspresi dominan dingin. Bagi warga Jerman ketika cuaca sudah mulai memasuki ekspresi dominan masbodoh maka cara berpakaian mereka juga akan berubah. Gaun Dirndl dengan model yang lebih panjang dan materi yang lebih tebal menyerupai wol akan dikenakan oleh para gadis Jerman. Sebab dengan mengenakan gaun tradisional ini para gadis akan merasa lebih hangat dan nyaman selama ekspresi dominan masbodoh berlangsung.

Gaun Dirndl sekarang semakin mempunyai model yang dipadu dengan gaya modern warga Jerman. Gaun ini pun masih begitu menempel bagi para gadis Jerman. Sehingga hingga zaman sudah berubah pun gaun tradisional ini masih menjadi gaun penting yang harus para gadis Jerman miliki.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!