Home » » Pintar Pelajaran Batik Lukis

LIRIK LAGU : Pintar Pelajaran Batik Lukis

Perpustakaan Cyber (31/3/2015) - Batik ialah suatu produk seni yang bernilai tinggi. Memiliki sejarah yang panjang dan mendunia, batik menjadi salah satu kain yang paling dicari oleh banyak orang di seluruh dunia. Batik tulis dicari alasannya batik tulis ialah barang yang sangat pribadi alasannya tidak ada satu batik tulis di dunia yang sama dengan batik tulis lainnya, pembuatannya juga sangat lama. Sementara batik cap juga mempunyai nilai seni tertentu, alasannya pembuatannya butuh ketelitian yang tinggi.

Sebagaimana batik, seni dan ilmu pengetahuan pastilah akan semakin berkembang. Perkembangan seni batik juga semakin meluas. Banyak sekali karya-karya batik kontemporer yang tidak lagi klasik tetapi tetap mempunyai nilai seni yang sama tinggi dan tetap modern. Batik lukis ialah hasil dari perkembangan seni batik.

Batik lukis ialah batik kreasi baru. Inti dari batik lukis ialah proses membatik yang tidak memakai motif tradisional yang sudah biasa ditemukan. Motif yang dipakai ialah hasil kreasi pembuatnya.


Batik Lukis

Batik lukis ialah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih. Karena merupakan pengembangan dari batik tulis klasik, batik lukis masih mengandung unsur yang sama dengan batik tulis dalam aspek bahan, pemrosesan, dan pewarnaan. Bagaimanapun juga alasannya terpengaruh seni lukis modern, terdapat berbagai perbedaan dalam hal tampilan, terutama pada motif dan warna.

Pembuatan Batik Lukis

Batik lukis mempunyai sedikit kesamaan dalam hal proses pembuatannya dengan batik tulis dan batik cap. Media lukisan ialah materi yang sama dari kain yang dipakai untuk batik tulis dan batik cap. Sebelum melukis denah dibentuk pada kain atau lukisan dibentuk tanpa sketsa. Membuat lukisan langsung tidak begitu gampang alasannya memang intinya pembubuhan lilin ke kain tidaklah semudah menciptakan sketsa. Pembubuhan sanggup dilakukan dengan canting biasa atau memakai kuas tergantung pembuat karya.

Pewarnaan

Pewarnaan pada batik lukis cenderung bebas dan memainkan banyak warna yang tidak sering dijumpai pada batik tulis. Terdapat pula imbas gradasi dan imbas seni lukis lainnya. Efek tersebut dibentuk memakai kuas, kapas, atau kain perca. Karena terdapat kebebasan dalam menentukan warna, pada batik lukis cenderung ditemukan warna yang luar biasa terang. Gambar yang dibentuk juga seolah-olah batik lukis ialah seni lukis biasa yang dituangkan pada kain dengan media lilin,

Lilin Dihilangkan

Lilin akan dihilangkan dengan cara yang sama dengan batik tulis yaitu dilorod. Banyak pembuat batik lukis yang cenderung suka mengerok lilin dibandingkan melorod alasannya terdapat imbas tertentu yang didapatkan dari hasil kerokan tersebut. Setelah itu batik juga mengalami proses pengepresan yang sama. Hal ini dilakukan untuk benar-benar membersihkan lilin dan menciptakan kain semakin halus dan lentur.

Seni Populer

Sebagai seni kontemporer, batik lukis terkenal alasannya mempunyai harga yang sangat terjangkau dan proses pembuatannya yang sangat kreatif. Hal ini menambah jumlah seni yang ada di Indonesia alasannya dari seni batik lukis, dilahirkan berbagai turunan seni yang mempunyai nilai estetika bahkan fungsional yang tinggi.

Kain batik lukis mempunyai keindahan tersendiri bila dijadikan pakaian. Dalam batik lukis yang dijadikan pakaian, teladan yang sering ditemukan ialah teladan yang repetitif menyerupai batik tulis biasa namun dengan sentuhan berjuta warna yang dimiliki oleh batik tulis. Gambar bebas menyerupai pemandangan atau objek tertentu juga terkadang sanggup ditemukan tetapi sangat jarang dipakai sebagai pakaian.

Batik lukis yang mempunyai objek manusia, pemandangan, still object dan lain-lain kini berbagai dicari untuk dibentangkan di dalam sebuah frame dan menjadi lukisan pajangan. Hal ini mengatakan perkembangan seni yang semakin jago alasannya tidak hanya dengan kanvas, media lukisan dengan kain dan lilin juga sanggup menjadi populer.

Batik lukis juga dijadikan materi untuk sapu tangan, gantungan kunci, dan suvenir-suvenir fabric lainnya.

CARI JUDUL LAGU MENURUT ABJAD :

Campuran, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tinggalkan Komentar Anda!!